Laporkan Masalah

ANALISIS KANDUNGAN INFORMASI DIVIDEN DAN KETEPATAN REAKSI PASAR : Pengujian terhadap Dividend Signaling Theory Studi Empiris Di Bursa Efek Jakarta

SUJOKO (Adv : DR. Jogiyanto Hartono MBA, Akt), DR. Jogiyanto Hartono MBA, Akt

1999 | Tesis | S2 Accounting

Tujuan studi ini adalah untuk menguji kandungan informasi dividen. Tujuan lain dari studi ini adalah untuk menguji efisiensi pasar secara keputusan.Riset ini menggali isu dengan menggunakan metodologi studi peristiwa untuk menganalisis reaksi pasar.

Sebanyak 150 perusahaan yang tercatat di BEJ diambil sebagai sampel dengan menggunakan metode purposive sampling. Sampel dibagi kedalam empat sub sampel, yaitu : (1) Sub sampel yang terdiri dari 150 perusahaan yang membayarkan dividen meningkat, (2) Sub sampel yang terdiri dad 18 perusahaan yang membayarkan dividen meningkat secara konsisten, (3) Sub sampel yang terdiri dari 96 perusahaan yang membayarkan dividen meningkat dan perusahaan tersebut bertumbuh, (4) Sub sampel yang terdiri dari 54 perusahaan yang membayarkan dividen meningkat dan perusahaan tersebut tidak bertumbuh.

Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji-t. Tiga model ekspektasi return yang digunakan, yaitu: OLS Market Model, Mean Adjusted Model, dan Market Adjusted Model.

Hasil empiris menunjukkan bahwa dividen membawa informasi ke pasar. Artinya, investor di BET menggunakan informasi pengumuman dividen untuk pengambilan keputusan. Hasil studi ini mendukung dividend signaling theory. Hasil lain dari studi ini menunjukkan bahwa Bursa Efek Jakarta belum efisien secara keputusan. Artinya, investor tidak canggih dan masih mudah ditipu oleh manajer perusahaan.

The purpose of this study is to examinee the information content of dividend. Another purpose of this study is to examine the decisionally efficient market. This research explored the issue by applying the event study methodology for analyzing the market reaction.

As much as 150 firms listed in the Jakarta. Stock Exchange (BEJ) were taken as a sample using a purposive sampling method. The sample are divided into four sub sample: (1) sub sample are consist of 150 firms that pay increase dividend, (2)sub sample are consist of 18 firms that pay consistenly increase dividend, (3) sub sample are consist of 96 firms that pay increase dividend and the firms are growth, (4) sub sample are consist of 54 firms that pay increase dividend and the firms are not growth.

The statistics method used to test hypotheses is t-test. Three models expected return were considered : OLS Market Model, Mean Adjusted Model and Market Adjusted Model.

The empirical results indicate that dividend convey information to the market. This means that investors in BEJ use information of dividend announcements for decision making. The results of this study is support dividend signaling theory. Another results of this study indicate that the Jakarta Stock Exchange (BEJ) is not decisionally efficient market. This means that investors were not sophisticated and fooled by manager of the firms.

Kata Kunci : Growth firms, information content, decisionally efficient market, OLS Market Model, Mean Adjusted Model, Market Adjusted Model, Dividend Signaling Theory, Perusahaan bertumbuh, kandungan informasi, efisiensi pasar secara keputusan, model pasar, model dise


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.