Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Intensi penggunaan Internet Banking
SUCIATI, RIESA AULIA (Adv.: Sumiyana, Dr., M.Si., Akt.), Sumiyana, Dr., M.Si., Akt.
Banyak penelitian, difokuskan pada masalah teknis dan teknologi disorot oleh Innovation Diffusion Theory, Technology Acceptance Model dan Theory of Trust and Security, dan aspek psikologi disorot oleh Decomposed Theory of Planned Behaviour, menekankan berbagai faktor yang mungkin mempengaruhi adopsi Internet banking. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk pemodelan faktor yang berdampak pada intensi penggunaan internet banking dalam transaksi oleh nasabah perbankan Indonesia. Penelitian ini menggunakan nasabah Indonesia sebagai subjek kerangka sampling. Analisis komponen utama digunakan untuk memvalidasi konstruk dan regresi berganda yang digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi kebergunaan, persepsi kemudahan, keserasian, kemanjuran diri, sumber daya teknis, kos, kepercayaan, dan kenyamanan memiliki pengaruh positif terhadap intensi penggunaan internet banking. Pemeriksaan atas koefisien regresi menunjukkan bahwa keserasian memiliki dampak yang kuat terhadap intensi pelanggan untuk menggunakan layanan online dalam transaksi perbankan. Ini menunjukkan intensi penggunaan Internet Banking mengabaikan keamanan dan waktu.
Many studies, focused on technical and technological issues highlighted by Innovation Diffusion Theory, Technology Acceptance Model and Theory of Trust and Security, and on psychological aspects highlighted by the Decomposed Theory of Planned Behaviour, emphasised a variety of factors that may influence the adoption of Internet banking. The purpose of this study was to modelling factors with impact on intention to use Internet Banking services in transactions achieved by Indonesian banking customers. This study used Indonesian subjects as the sampling frame. A principal component analysis was used to validate the constructs and multiple regressions were employed to analyse the data. The results show that perceived usefulness, compatibility, technical resources, cost, trust, and convenience, all have significant effect on adoption of Internet Banking services. The examination of the regression coefficients reveal that compatibility has a strong impact on customersÂ’ intention to use online services in Banking transactions. It means that intention to use Internet Banking ignore security and time.
Kata Kunci : Internet Banking services, Self-efficacy, Compatibility, Security, Transaction cost, Perceived usefulness and ease of use, Regression coefficients.