Analisis trend penjualan sebelum dan sesudah penerapan e-commerce: studi kasus di perusahaan eksportir furniture dan handycraft di Pulau Jawa
Sriyanto (Adv.: Dr. Didi Achjari, M.Com.,Ak), Dr. Didi Achjari, M.Com.,Ak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan penjualan pada perusahaan furniture dan handycraft di Jawa sebelum dan sesudah menerapkan e-commerce. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling method. Penelitian ini menganalisis penjualan rata-rata 2 tahun sebelum dan 2 tahun sesudah perusahaan menerapkan ecommerce. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis 2 related sample wilcoxon. Penelitian menggunakan sampel sebanyak 33 yang dikumpulkan dari kota Yogyakarta, Solo dan Jepara, dimana kota-kota tersebut merupakan pusat-pusat industri furniture dan handycraft di pulau Jawa. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada perbedaan yang nyata tingkat penjualan setelah penerapan e-commerce. Perbedaan tersebut menunjukkan adanya peningkatan tingkat penjualan rata-rata per tahun. Hal ini membuktikan bahwa penjualan perusalIaan furniture dan handycraft meningkat setelah menerapkan e-commerce.
Kata Kunci : penjualan, furniture, handycraft, e-commerce.