Laporkan Masalah

Analisis Strategi Bisnis PT. Asuransi Jiwa Bringin Jiwa Sejahtera dalam Persaingan Asuransi Pendidikan di Indonesia

Seruni, Vera Novita, Wakhid Slamet Ciptono, Drs., M.B.A., M.P.M.

2007 | Tesis | S2 Magister Management

Bringin Life sebagai salah satu perusahaan asuransi telah memiliki beberapa produk berunsur investasi yang siap bersaing di pasar. Seiring dengan pertumbuhan bisnis, perusahaan telah mampu masuk ke dalam jajaran lima besar perusahaan asuransi dengan modal antara 100 sampai dengan 250 miliar rupiah sehingga dapat menambah nilai jual perusahaan.Guna mengantisipasi keberadaan produk subtitusi, Bringin Life mengedepankan produk asuransi pendidikan dan memberikan manfaat asuransi yang bersaing dengan produk pendidikan yang dikeluarkan oleh industri perbankan. Analisis terhadap Bringin Life dilakukan dengan menggunakan analisis Lima Kekuatan yang mengarahkan Kompetisi Industri, Strategi Generik dari Porter serta analisis manajemen risiko menunjukkan bahwa Bringin Life telah berupaya memperbaiki efisiensi kinerjanya dengan cara merencanakan pembukaan kantor pusat pelayanan di Jakarta yang disebut dengan Service Centre Office (SCO). Selain itu Bringin life termasuk dalam kategori perusahaan yang menerapkan strategi diferensiasi karena saat ini produk yang ditawarkan adalah produk-produk yang memiliki target di pasar segmen tertentu. Bringin Life juga telah berhasil menciptakan beberap unit bisnis yang berbeda. Salah satu unit bisnis yang mampu mendatangkan keuntungan yang cukup besar adalah unit bisnis Bancassurance. Unit bisnis ini mengelola asuransi bagi para nasabah BRI yang mengajukan pinjaman. Bringin Life telah menerapkan manajeman risiko dengan mengacu pada kerangka kerja identifikasi risiko, pengukuran risiko, analisa risiko, monitoring serta controling dan langkah yang terakhir adalah pelaporan (reporting). Rekomendasi yang disarankan adalah Bringin Life harus berani merujuk pada harga yang lebih rendah untuk dapat dikatakan menerapkan strategi keunggulan biaya secara penuh. Mengacu pada strategi fokus, Bringin Life hendaknya dapat memusatkan perhatiannya pada produk Prospens (program Kesehatan Pensiun) yang memiliki kekuatan pada pertanggungan asuransi kesehatan setelah masa pensiun.Untuk memenangkan persaingan dalam produk asuransi khususnya asuransi pendidikan, Bringin Life harus labih giat lagi melakukan promosi, misalnya melakukan kerjasama dengan pihak sekolah untuk memasang spanduk-spanduk tentang asuransi pendidikan Alternatif strategi lainnya adalah segera direalisasikannya pembukaan Service Centre Office (SCO) di Jakarta, guna mendukung kegiatan di wilayah kerja Jakarta yang memiliki Kantor Cabang terbanyak. Bringin Life juga diharapkan dapat memelihara strategi diferensiasi sebagai penyedia program kesehatan pensiun dengan membentuk unit kerja khusus yang memasarkan produk tersebut sehingga segmen pasar yang lebih besar dapat diraih. Kata kunci : perusahaan asuransi, Porter's Five Forces, Strategic Generik, Enterprise Risk Management

Bringin Life as one of the insurance compan have owned some product that already have invesment element to compete in market. Along with business growth, company have been able to come into the overall five of big insurance company with capital between 100 up to 250 rupiah milliard so that can add the company value.To anticipate the existence of subtitusi product, Bringin Life place forward education insurance product and give insurance benefit vieing with education product by banking industry. Analysis to Bringin Life is done by using Five Forces analysis, Strategy Generik from Porter and also analyse risk management indicate that Bringin Life have coped to improve; repair its performance efficiency by planning opening of service head office [in] Jakarta is called with Service Centre Office ( SCO). Besides, Bringin life is included in company category applying diferensiasi strategy because in this time product which on the market [is] product owning goals [in] certain segment market. Bringin Life have also succeeded to create different business unit beberap. One of [the] business unit capable to deliver big enough advantage [is] Bancassurance business unit. this Unit Business manage insurance to all BRI client raising loan. Bringin Life have applied risk manajeman by relate [at] framework identify risk, measurement [of] risk, risk analysis, monitoring and also last step and controling [is] reporting ( reporting). suggested [by] recommendation [is] Bringin Life have to dare to refer [at] lower price to be able to be told to apply excellence strategy of[is expense of fully. Relate [at] focus strategy, Bringin Life shall can giving all mind to it [at] Prospens product ( Pension Medicare) having the power of [at] health liability insurance after a period of/to pensiun.Untuk win emulation in insurance product specially education insurance, Bringin Life have to impetous labih again [do/conduct] promotion, for example [doing/conducting] cooperation with [party/ side] go to school to install banner about education insurance. other Strategy alternative [is] immediately its it[him] opening [of] Service Centre Office ( SCO) [in] Jakarta, utilize to support activity [in] region work Jakarta owning Office Of Branch many. Bringin Life [is] also expected can look after diferensiasi strategy as retired Medicare penyedia with forming special [job/activity] unit which market the the product so that larger ones market segment can be reached for. Keyword : company [of] insurance, Porter'S Five Forces, Strategic Generik, Enterprise Risk Management.

Kata Kunci : perusahaan asuransi, Porter's Five Forces, Strategic Generik, Enterprise Risk Management


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.