Pengaruh Atribut Tim, Identifikasi Tim, Identifikasi Sponsor Terhadap Citra Sponsor pada Penggemar Sepakbola Liga Utama Inggris: Studi pada Penggemar Liga Utama Inggris di Yogyakarta
SENTIAJI NUGROHO, Naila Zulfa, S.E.,M.A.
Kemajuan pada sepakbola telah membawa sepakbola ke dunia profesional dan komersil. Perubahan ini terlihat melalui semakin banyaknya sponsor yang ikut bermain mempromosikan produknya dalam dunia sepakbola. Kemudian hal ini berpengaruh pada penggemar tim sepakbola, pada awalnya mereka hanya sekedar penggemar tim, tetapi dengan adanya sponsor produk, penggemar tim sepakbola ini mempunyai identitas lain yaitu sebagai potential costumer. Penelitian ini membahas pengaruh atribut tim, identifikasi tim dan identifikasi sponsor terhadap citra sponsor pada penggemar sepakbola Liga Utama Inggris di Yogyakarta. Penelitian ini membantu pemasar olahraga sepakbola dan perusahaan sponsor yang ingin memasarkan produknya melalui sepakbola untuk melihat lebih dalam faktor-faktor atau variabel-variabel yang harus diperhatikan dalam memasarkan produknya. Alat uji yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel atribut tim yang terdiri dari keatraktifan tim, perasaan kesamaan tim berpengaruh signifikan terhadap identifikasi tim yang dilakukan oleh seorang penggemar tim sepakbola, sedangkan variabel atribut tim yang lain yaitu, kepopuleran tim tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel identifikasi tim. Kemudian variabel identifikasi tim berpengaruh signifikan terhadap variabel identifikasi sponsor, dan variabel identifikasi sponsor berpengaruh signifikan terhadap variabel citra sponsor.
The dynamics of football as sport has taken it into more professional and commercialized industry. This shift is acknowledged through the increasing numbers of sponsors using football as their promotion effort in these last few years. This phenomena influence on how football team fans are identified no longer as only group of fans, but also potential consumers.
This research will discuss the effect of team attributes, team identification and sponsor identification towards image sponsor of English Premier League Fans in Yogyakarta. This paper will help marketers who interested in capturing the football fan market segment to explore the factors and variables involved in designing the strategy.
The test design of this research use multiple linear regression analysis and simple linear regression analysis. This result shows team attributes variable which consists of team attractiveness and team similarity significantly affect to team identification of a football fan. Another finding indicates that the other team attributes which is team popularity does not significantly affect team identification variable. Therefore, team identification variable significantly affect sponsor identification, as this variable does to sponsor image variable.
Kata Kunci : sponsor, citra sponsor, identifikasi sponsor, identifikasi tim, atribut tim, sponsor image, sponsor identification, team identification, team attributes