Laporkan Masalah

Pengaruh Komunikasi, Budaya Organisasi dan Kepercayaan Atasan pada Bawahan terhadap Komitmen Peningkatan Kinerja Organisasi pada Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman

SATRIA PINANDITA (Pembimbing: Edi Prasetyo Nugroho, Drs., M.B.A.), Edi Prasetyo Nugroho, Drs., M.B.A.

2010 | Skripsi | S1 Management

Peningkatan kinerja organisasi oleh seluruh birokrasi pemerintah saat ini menjadi salah satu isu penting yang banyak disuarakan berbagai kalangan baik dari dunia usaha maupun masyarakat. Perbaikan kualitas pelayanan menjadi sebuah tuntutan yang semestinya mendapat respon dari pemerintah, respon tersebut diantaranya dengan meningkatkan kinerja pelayanan aparatur negara agar terciptanya good governance. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi, budaya organisasi dan kepercayaan atasan pada bawahan terhadap komitemen peningkatan kinerja organisasi.

Penelitian ini dilaksanakan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman. Waktu penelitian dilakukan pada bulan April hingga Juni 2010. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, dan pengambilan sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menyebarkan kuesioner yang mengacu pada model skala Likert.

Hasil penelitian menggunakan uji regresi menunujukkan bahwa pengaruh komunikasi, budaya organisasi dan kepercayaan atasan pada bawahan terhadap komitmen peningkatan kinerja organisasi pada Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman sebesar 84,6%. Upaya-upaya yang dapat dilakukan adalah atasan bersedia menjelaskan informasi, mendiskusikan kebijaksanaan baru, bertanggung jawab memberikan gagasan baru, mempertimbangkan pendapat bawahan dan memberi perhatian pada bawahan, bekerja dengan ikhlas, jujur dan berpikiran positif. Meningkatkan dialog dua arah secara konsisten antara pimpinan dengan seluruh jajaran untuk mengevaluasi kinerja, strategi, Menimbulkan rasa kepercayaan atasan pada bawahan dengan menghargai kemampuan yang dimiliki bawahan sehingga komitmen terhadap kinerja organisasi semakin tinggi

Improved organizational performance by the entire government bureaucracy has become one of the many important issues voiced by various circles both in business and society. Improvement of service quality becomes a demand that should get a response from the government, responded that such a state apparatus to improve service performance in order to create good governance. This study aims to investigate the influence of communication, organizational culture and trust superiors to subordinates concerning commitment of improving organization performance.

This experiment was conducted at Sleman District Health Office. When the study was conducted in April to June 2010. The approach used is a quantitative approach, and sampling is determined by purposive sampling. The method of data collection in this study by distributing questionnaires that refer to Likert scale model.

The results using regression test shows that a communication, the implementation of organizational culture and trust superiors to subordinates simultaneously significantly affect the organizations commitment to performance improvement in Sleman District Health Office with a contribution of 84.6%. Efforts is leadership was willing to explain the information, discuss new policy, is responsible for providing new ideas, consider the opinion of subordinates, giving attention to the employees, working with sincere, honest and positive thinking. Enhance two-way dialogue between leadership consistently with all levels to evaluate performance, strategies, creating a sense of trust superiors to subordinates with respect for the capabilities of the subordinates so that the commitment to higher organizational performance.

Kata Kunci : Communication, Culture, Trust, Commitment, Performance, Organization, Komunikasi, Budaya, Kepercayaan, Komitmen, Kinerja Organisasi


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.