Analisis sikap konsumen terhadap produk Handphone Merek Nokia dan Siemen (studi pada mahasiswa di Yogyakarta)
Sari, Rr. Endah Dwi Liesly Puspita (Adv. Drs. Indriyo Gitosudarmo, M.Com), Drs. Indriyo Gitosudarmo, M.Com
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap konsumen yang diwakili oleh responden yaitu mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Y ogyakarta terhadap produk handphone merek Nokia dan Siemens dan untuk mengetahui faktor yang diduga menyebabkan perbedaan sikap konsumen terhadap prod uk hand phone berdasarkan karakteristik jenis kelamin, usia, status tempat tinggal, dan pendapatan per bulan responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skor indeks sikap konsumen untuk Nokia sebesar 140,99 dalam rentang 138,6 ::; Ao::; 181,8 yaitu masuk dalam kategori positif. Sedangkan untuk Siemens sebesar 129,11 dalam rentang 95,4 ::; Ao ::; 138,6 yaitu masuk dalam kategori netral. Hal ini berarti bahwa sikap konsumen yang diwakili oleh responden mahasiswa terhadap Nokia lebih baik daripada Siemens. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, saran Peneliti untuk Nokia adalah tetap mempertahankan keunggulan produknya pada atribut kemudahan penggunaan (user friendly) karena atribut tersebut dinilai paling baik oleh responden. Selain itu harus didukung dengan strategi promosi yang lebih baik dan menarik agar semakin dikenal oleh konsumcrmya serta menarik konsumen potensial lainnya.
Sedangkan untuk Siemens, tetap mempertahankan kualitas sebagai merek yang terpercaya dan harus lebih berusaha memahami keinginan konsumen, khususnya mahasiswa, dengan mengeluarkan produk yang lebih mudah penggunaan fitur-fitumya, desain dan wama yang lebih menarik serta didukung juga oleh strategi promosi yang baik karena atribut-atribut tersebut yang dinilai penting oleh responden.
Kata Kunci : sikap konsumen, Nokia, Siemens