Pengaruh manajemen laba terhadap nilai awal perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel pemoderasi
Saputri S., Deni (Adv. Indra Wijaya Kusuma,Dr. MBA), Dr. Indra Wijaya Kusuma, MBA
2006 | Skripsi | S1 Accounting
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris tentang pengaruh manajemen laba yang dilakukan oleh perusahaan manufaktur menjelang IPO terhadap nilai awal perusahaan dan untuk mengetahui apakah ukura.n perusahaan memoderasi pengaruh antara manajemen laba dengan nilai awal perusahaan.
Penelitian ini memiliki dua hipotesis yang akan diuji. Hipotesis pertama adalah manajemen laba yang dilakukan issuers menjelang IPO berpengaruh signifikan positif terhadap nilai awal perusahaan (initial firm value). Hipotesis kedua adalah semakin besar ukuran perusahaan, maka pengaruh manajemen laba terhadap nilai awal perusahaan akan semakin kecil. Pengukuran manajemen laba didalam penelitian menggunakan pendekatan total accruals yang terdiri dari discretionary accruals dan nondiscretionary accruals. Jadi, variabel manajemen laba diproksi oleh nilai discretionary accruals.
Selanjutnya kedua hipotesis penelitian diuji dengan analisis berganda (multiple regression). Berdasarkan hasil pengujian analisis berganda, penelitian ini membuktikan adanya pengaruh signifikan positif antara manajemen laba yang diproksi dengan nilai discretionary accruals terhadap nilai awal perusahaan. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis pertama diterima.
Pengujian hipotesis kedua menunjukkan hasil yang tidak signifikan pada variabel moderasi. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis kedua ditolak.
-
Kata Kunci : IPO,manajemen laba,ukuran perusahaan,discretionary accruals