Strategi Diversifikasi Produk Pembiayaan di Pt Sarana Yogya Ventura
SANTOSA, HARI (Adv.: Rangga Almahendra, Dr., S. T., M. M.), Rangga Almahendra, Dr., S. T., M. M.
Dalam karya tulis ini dibahas mengenai analisis dan penerapan strategi diversifikasi produk pembiayaan di PT. Sarana Yogya Ventura. Perusahaan yang menjadi obyek penelitian ini adalah PT. Sarana Yogya Ventura, sebuah perusahaan modal ventura berkedudukan di Yogyakarta, yang mengembangkan pembiayaan kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan memandang perlunya untuk selalu melakukan diversifikasi produk pembiayaannya guna dapat bersaing dengan para pesaingnya. Membahas tentang strategi yang dilakukan perusahaan tersebut, tidak terlepas dari proses dan hirarki pembuatan kebijakan tentang hal tersebut untuk mengimbangi kecepatan dan ketepatan pembuatan kebijakan strategi perusahaan pesaingnya. Strategi yang tepat harus mendasarkan pada faktor kemampuan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi perusahaan. Dalam hal strategi diversifikasi produk pembiayaan, selain mendasarkan faktor-faktor di atas, perlu dicermati ketersediaan pasar untuk pengembangan usaha pembiayaan dan produk pembiayaan yang baru dan merupakan jawaban dari tuntutan kebutuhan konsumen yang mampu bersaing dengan produk yang sudah beredar di pasar. Setiap produk pembiayaan yang dipasarkan oleh perusahaan tersebut, tentu tidak dapat mencapai hasil yang optimal pada jangka waktu yang bersamaan. Oleh karenanya perlu dilakukan uji optimalisasi masing-masing produk pembiayaan, dan selanjutnya dari uji tersebut dapat dilakukan kebijakan mempertahankan atau bahkan menghentikan suatu produk pembiayaan. Pemetaan kelompok strategis diperlukan untuk dapat mengukur kemampuan perusahaan tersebut dalam persaingan perusahaan sejenis. Dari pemetaan tersebut dapat dijadikan panduan perusahaan dalam menghadapi kebijakan perusahaanperusahaan pesaingnya. Untuk dapat bertahan dan berkembang, perusahaan tersebut memerlukan faktor sukses kunci yang berguna untuk membedakan dengan para pesaingnya. Faktor kunci sukses tersebut perlu digali dan dicermati untuk selanjutnya dapat dikembangkan dengan seluruh kemampuan sehingga dapat lebih memberikan keberhasilan yang optimal bagi perusahaan.
This paper discussed the analysis and implementation of product diversification strategy of financing in PT.Sarana Yogya Ventura. The company is the object of this study is PT. Sarana Yogya Ventura, a venture capital firm based in Yogyakarta, who developed financing to Micro, Small and Medium enterprises (MSMEs) and the need to always look to diversity of the financing to compete with its rivals. Discussing about the strategy of the company, not independent of the policy making process and hierarchy on it to compensate for the speed and accuracy of decision making strategy of its competitor. Appropriate strategy should be based on factors of strength, weaknesses, opportunities and the threats facing the company. In the terms of financing product diversification strategy, in addition to basing the above factors, it should be observed about availability of markets for business development and financing of new financing products and the answer to the demands of consumers who are able to compete with existing products in the market. Any financial products marketed by these companies, certainly can not achieve optimal result in the same period. Therefore it is necessary to test the optimization of each financial product, and subsequently of the test can be done to stop the policy of maintaining or even a financial product. Mapping strategic groups needed to able to measure the ability of the company to compete with similar companies. Result form mapping can be used as a guide to face firms competitors. In order survive and thrive, companies need the key success factors that useful to distinguish its competitors. Key success factors need ti be further explored and examined for all abilities can be developed so as to better provide optimal success for the company.
Kata Kunci : internal dan eksternal, strategi diversifikasi, optimalisasi produk dan faktor sukses kunci, internal and external, diversification strategy, product optimization and key success factors.