Laporkan Masalah

Analisis Pengaruh Lokasi terhadap Kesuksesan Bisnis: studi kasus pada bisnis penjualan komputer di kota Yogyakarta

Sandranita, Yulfitri, Boyke R. Purnomo, S.E., M.M.

2007 | Skripsi | S1 Extention - Management

Kemajuan dibidang teknologi informasi telah mendorong munculnya bisnis penjualan komputer. Bisnis penjualan komputer atau toko komputer pada dasarnya merupakan bisnis ritel yang menjual komputer dan komponen pelengkap lainnya kepada konsumen. Banyaknya bisnis penjualan komputer yang ada di kota Yogyakarta dalam beberapa tahun ini menyebabkan ketatnya persaingan antar bisnis, sehingga menuntut pemilik untuk dapat membuat keputusan strategis dan menciptakan keunggulan bersaing (competitif advantage) yang tepat dalam mencapai kesuksesan. Salah satu hal penting yang menentukan keberhasilan suatu bisnis adalah ketepatan dalam pemilihan lokasi bisnis.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Faktor-faktor apa saja yang menjadi pertimbangan pemilik dalam penentuan lokasi bisnis penjualan komputer di kota Yogyakarta, (2) Pengaruh pemilihan lokasi terhadap keberhasilan bisnis penjualan komputer di kota Yogyakarta. Responden dalam penelitian ini berjumlah 60 orang yang merupakan pemilik bisnis penjualan komputer. Data primer dianalisis dengan menggunakan alat analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda didapat hasil bahwa terdapat lima faktor lokasi yang mempengaruhi kesuksesan bisnis yaitu faktor ketersediaan tempat usaha, faktor kedekatan dengan jalan raya, faktor kedekatan dengan perumahan, kedekatan dengan konsumen, dan lokasi dipusat bisnis. Persamaan regresi menjelaskan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari faktor lokasi secara bersama-sama (ketersediaan tempat usaha, kedekatan dengan jalan raya, kedekatan dengan perumahan, kedekatan dengan konsumen, dan lokasi di pusat bisnis) terhadap kesuksesan bisnis penjualan komputer di kota Yogyakarta. Uji regresi menunjukkan bahwa kelima faktor lokasi tersebut menjelaskan 72,2% tingkat kesuksesan bisnis.



Kata kunci: faktor lokasi, kesuksesan bisnis, bisnis penjualan komputer.

Kata Kunci : Lokasi Bisnis; Kesuksesan Bisnis; Bisnis Komputer; Penjualan


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.