Analisis Formulasi Strategi TI Tertagas Niaga
ROSVITA, NIRA (Adv.: Gudono, Dr., M.B.A.), Gudono, Dr., M.B.A.
Tesis ini berjudul “analisis Formulasi strategi PT Petagas Niaga”. PT Pertagas Niaga merupakan anak perusahaan PT Pertamina Gas yang baru didirikan dan bergerak di bidang niaga. Dalam menghadapi perubahan lingkungan eksternal maupun internal diperlukan suatu strategi yang sesuai dengan perkembangan kedua lingkungan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi strategi PT Pertagas Niaga dengan menganalisis factor internal dan eksternal perusahaan yang kemudian menghasilkan identifikasi peluang, ancaman, kekuatan dan kelemahan.
Penelitian ini menggunakan analisis SWOT (strength, weakness, opportunity, threat). Penelitian dilakukan dengan metode analisis kualitatif deskriptif pengumpulan data diperoleh berdasarkan pengamatan non perilaku dan wawancara dengan pihak manajemen perusahaan maupun staff pada berbagai devisi dalam perusahaan.
Dari analisis dengan menggunakan alat analisis SWOT maka diperoleh hasil bahwa perusahaan berada pada kuadran deversifikasi. Maka strategi yang dapat dijalankan oleh perusahaan dapat berupa strategi diversifikasi konsentris, diversifikasi konglomerasi atau joint venture. Strategi tersebut terdiri dari diversifikasi produk CBM, LNG,CNG, Shale Gas dan mikroalga, melalui kerjasama dengan afiliasi pertamina dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan pangsa pasar dan kegiatan jual beli untuk produk CBM, LNG, CNG, Shale Gas dan mikroalga. Selain itu, dapat dilakukan diversifikasi dalam bidang jasa yang akan meningkatkan pendapatan perusahaan serta mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya manusia.
Kata Kunci : Formulasi strategi, analisis Fungsional, benchmarking, karakteristik industry, five competitive force, lingkungan jauh, peluang ancaman, kekuatan dan kelemahan, diversifikasi produk, diversifikasi konglomerasi, diversifikasi konsentris, joint venture, pen