Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Sikap Konsumen Terhadap SMS Iklan
RIYADI EKO NUGROHO (Pembimbing: B.M. Purwanto, Dr., M.B.A.), B.M. Purwanto, Dr., M.B.A.
Berdasarkan literatur yang telah ada sebelumnya mengenai model sikap konsumen terhadap mobile advertising, tujuan penelitian ini adalah untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi sikap konsumen terhadap mobile advertising berbasis SMS.
Penelitian dilakukan melalui penyebaran kuesioner untuk mengukur variabel hiburan, informasi, gangguan dan kredibilitas mempengaruhi sikap konsumen terhadap mobile advertising. Analisis linier regresi berganda dilakukan untuk menguji hipotesis.
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa variabel hiburan dan informasi berpengaruh positif secara signifikan pada sikap konsumen terhadap mobile advertising. Hasil dari penelitian ini dapat memberikan pandangan yang lebih baik mengenai sikap konsumen terhadap mobile advertising. Praktisi bisa menggunakan temuan dalam penelitian ini untuk mendesain program pemasaran yang mengandung unsur hiburan dan informasi yang berhubungan dengan mobile advertising.
Based on the existing literature about consumer attitudes toward mobile advertising model, the purpose of this research is to testing the factors affecting consumer attitudes toward SMS-based mobile advertising.
The research was held by questionnaires to measure entertainment, informativeness, irritation and credibility affecting consumer attitudes mobile advertising. Multiple Regression was conducted for hypothesis testing.
The findings of this study show that entertainment and informativeness have significantly positive effect on consumer attitudes mobile advertising. Results of this study could provide greater insight about consumer attitudes toward mobile advertising. Practitioners can use findings to design marketing program containing entertainment and informativeness related to mobile advertising.
Kata Kunci : mobile advertising, SMS, attitude, and advertising