A Study on Indonesia-English Print Advertisement: Does Language Influence Recall, Attitude Towards Advertisement, Attitude Towards Product, and Purchase Intention?
RINANTI TP, CITRA ,
2013 | Tesis | S2 Magister Management
Penelitian ini dilakukan untuk menentukan adanya perbedaan recall dan sikap terhadap iklan berbahasa Indonesia dan Inggris. Selanjutnya, studi ini juga upaya untuk mengetahui apakah sikap terhadap iklan dan terhadap produk dapat mempengaruhi keinginan konsumen untuk membeli.
Hipotesis ini dibangun dan diajukan untuk menguji bahwa akan ada perbedaan recall sebagai konsekuensi dari pilihan bahasa dalam iklan, bahwa ada juga perbedaan sikap terhadap iklan berbahasa Indonesia dan Inggris, dan bahwa sikap terhadap iklan mempengaruhi sikap terhadap produk dan keinginan konsumen untuk membeli. Hipotesis- hipotesis ini akan diuji melalui pengumpulan data dalam eksperimen terhadap dua kelompok responden yang berbeda, orang
Indonesia asli dan orang asing sesuai dengan kemampuan baha sa mereka.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa responden bereaksi lebih baik terhadap iklan yang dicetak dalam bahasa mereka sendiri (bahasa ibu) dengan menunjukkan tingkat recall tinggi dan sikap yang positif terhadap iklan. Namun, data empiris menunjukkan bahwa aided recall respondent Indonesia lebih tinggi dari responden asing 'dan hal ini akan dibahas secara rinci dalam penelitian
ini. Temuan ini juga mendukung bahwa sikap terhadap iklan mempengaruhi sikap terhadap produk dan niat pembelian.
This research sets out in order to determine the existences of recall and attitude differences toward Indonesian and English print advertisements. Furthermore, the study also attempts to find out whether attitude toward advertisement and towards product may influence the purchase intention of the consumers. The hypotheses were constructed and proposed for testing that there would be differences of recall as the consequences of language preference in advertisement, that there would also be differences of attitude towards Indonesian and English print advertisement, and that there would also the influence of attitude towards its advertisement to attitude towards product and to the purchase intention. Those hypotheses would be tested through the collection of data in experiment with two different groups of respondents, Indonesian and foreigners in accordance to their
language proficiency.
The finding of this research indicates that respondents reacted more favorably to advertisement imprinted in their own language (mother tongue) by showing the high recall level and positive attitude towards the advertisement. However, the empirical data suggested that IndonesianÂ’s aided recall was higher than foreign respondentsÂ’ and this would be discussed in details in this research. The findings also supported the influence of attitude towards advertisement to attitude towards product and to the purchase intention.
Kata Kunci : Recall, Attitude towards Advertisement, Purchase Intention, Sikap terhadap iklan, dan keinginan untuk membeli