Laporkan Masalah

Analisis Loyalitas Konsumen Terhadap Kartika Dewi Aerobic And Fitness Centre Di Yogyakarta

RIANDARI, RINA (Adv.: Yulia Arisnani, Dra., M.B.A.), Yulia Arisnani, Dra., M.B.A.

2014 | Skripsi | S1 Management

Perkembangan perusahaan industri yang bergerak di bidang kebugaran di kota-kota besar semakin terus meningkat jumlahnya, demikian halnya perkembangan di Yogyakarta ini, sehingga meningkatkan persaingan untuk mendapatkan pelanggan yang semakin banyak, atau paling tidak mempertahankan jumlah pelanggan yang telah loyal pada perusahaan tersebut. Menciptakan pelanggan yang loyal terhadap suatu merek atau perusahaan tidaklah mudah. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menciptakan dan mempertahankan loyalitas pelanggan, yaitu memperlakukan pelanggan dengan baik, mendekatkan din dengan pelanggan, mengukur kepuasaan pelanggan, menciptakan switching cost dan memberi sesuatu yang sifatnya ekstra untuk memberikan kesan yang

positif. Dengan kepuasan konsumen, perusahaan dapat bertahan dan pelanggan loyal terhadap perusahaan. Untuk itulah penelitian ini dilakukan sebagai upaya untuk menjawab permasalahan : Bagaimana tingkat loyalitas pelanggan terhadap sanggar senam Kartika Dewi Aerobic And Fitness Centre di Yogyakarta, disamping itu dicari pula atribut yang paling dominan dalain pembentukan loyalitas pelanggan. Analisis dilakukan berdasarkan data yang telah dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 100 orang responden konsumen sanggar senam Kartika Dewi. Analisis data terbagi menjadi empat bagian, yaitu : pengujian instrumen, analisis indeks sikap, analisis chi square, analisis kualitatif vulnerability matrix. Sikap responden secara keseluruhan dapat diketahui dari menjumlahkan

semua data responden yang menilai atribut sanggar senam Kartika Dewi, yang terdiri dan ; fasilitas, biaya, kebersihan, pelayanan dan lokasi. Sedangkan karakteristik responden dinilai berdasarkan : jenis kelamin, usia, pekerjaan, pendidikan dan pendapatan. Dengan tiga pembagian perilaku konsumen yaitu: konsumen yang rajin berlatih, biasa berlatih dan pasif berlatih. Hasil perhitungan indeks sikap membentuk sikap konsumen yang positif sebesar 3,107. Dengan harga Chi square x2 Hitungan < x2 Tabel, yang berarti tidak ada perbedaan tingkat loyalitas terhadap sanggar senam Kartika Dewi antara

konsumen berdasarkan karakteristiknya. Serta memiliki jumlah responden yang loyal terhadap sanggar senam Kartika Dewi berjumlah 69 %, responden yang mudah dipengaruhi sanggar senam lain berjumlah 31 % dan tidak ada responden sanggar senam lain yang mudah dipengaruhi oleh sanggar senam Kartika Dewi.

Kata Kunci : Loyalitas pelanggan, consumer behavior, switching cost, mengukur kepuasan pelanggan, marketing management


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.