Analisis Alignment Visi dan Misi Korporat Terhadap Strategi Unit Bisnis (studi Pada PT. Graha sarana Duta sebagai Unit Bisnis PT Telkom Tbk.)
RATMANTO, RINO ASTRIKA DEWI AGUS (Adv.: Sony Warsono, Dr., MAFIS.), Sony Warsono, Dr., MAFIS.
Studi ini bertujuan untuk mempelajari: persoalan alignment visi misi korporat dan strategi unit bisnis, ada tidaknya alignment visi misi korporat dan strategi unit bisnis khususnya unit bisnis yang unrelated, dan meneliti tingkatan alignment visi misi korporat dan strategi unit bisnis studi pada sebuah perusahaan korporasi beserta salah satu unit bisnisnya.
Penelitian dilakukan di PT Graha Sarana Duta sebagai salah satu unit bisnis PT Telkom. Studi lapangan, studi pustaka, dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data. Alat ukur yang digunakan di dalam penelitian ini adalah seven S McKinsey frameworks. Terdiri dari pengukuran shared value, structure, staff, style, system, dan skill.
Hasil dari analisis shared value adalah pengukuran alignment dilihat dari ssudut pandang visi misi unit bisnis. Analisis structure memberikan hasil pengukuran mengenai tingkatan alignment dari struktur unit bisnis. Analisis staff menunjukkan ukuran alignment dari permasalahan sumber daya manusia unit bisnis. Analisis style memperlihatkan tingkatan alignment dari persoalan gaya manajemen unit bisnis. Analisis system menunjukkan ukuran alignment dari sisi sistem yang terdapat di perusahaan, dan analisis skill memperlihatkan permasalahan alignment dari sisi keahlian perusahaan. Penelitian ini menemukan fakta bahwa terjadi alignment antara visi misi korporat dan strategi unit bisnis. Penelitian ini juga mendapati permasalahan struktur unit bisnis menunjukan tingkatan alignment yang paling rendah diantara permasalahan lainnya.
This paper has mean to study vision mission and business unit strategies alignment, existence problems of vision mission and business unit strategies alignment especially unrelated business unit, and investigate the stage of vision mission and unit business strategies with study in corporation and its business unit. Towards
The research held in PT Graha Sarana Duta as PT Telkom unit business. Data collected using individual depth interview with semi structured interview, direct observation, and book studies method. This research paper is using seven S McKinsey Frameworks analysis measurements scale. It consists of six sub analysis: shared value, structure, staff, style, system, and skill.
Result from analysis shared value measurement alignment seen from the aspect of look at business unit mission point of view. Analysis structure give measurement result hits stage alignment from business unit structure. Analysis staff shows size alignment from business unit human resource troubleshoots. Analysis style shows stage alignment from business unit management style problem. Analysis system show size alignment from system side found at company, and analysis skill show troubleshoot alignment from skill side companies. This research finds the fact that happen alignment between corporate mission point of view and business unit strategy. This research also finds business unit structure problems shows stage alignment lowest between another.
Kata Kunci : alignment, corporate vision and mission, strategies of business unit, PT Graha Sarana Duta, PT Telkom, seven S McKinsey frameworks, visi dan misi korporat, strategi unit bisnis.