Laporkan Masalah

Analisis Faktor-Faktor Kritis Kesuksesan Dalam Proses Ground Handling Pada PT. Garuda Indonesia

RAHMADI (Adv.: Wakhid Slamet Ciptono, Drs., M.B.A. M.P.M., Ph.D.), Wakhid Slamet Ciptono, Drs., M.B.A. M.P.M., Ph.D.

2012 | Skripsi | S1 Management

Critical Success Factors atau faktor-faktor kritis kesuksesan merupakan faktor yang penting atau factor kunci dalam tercapainya kesuksesan sebuah organisasi. Apabila factor ini tidak berjalan dengan baik maka akan berdampak terhadap kesuksesan yang akan dicapai oleh organisasi atau perusahaan tersebut. Faktor-faktor kritis kesuksesan ini biasanya terkandung secara implisit di dalam perusahaan, oleh karenanya penting untuk mengetahui apa saja yang menjadi area aktivitas kunci untuk mencapai keberhasilan suatu perusahaan.

Penelitian mengenai analisis faktor-faktor kritis kesuksesan ini dilakukan pada perusahaan penerbangan yang ada di Indonesia, yaitu PT. Garuda Indonesia.Di dalam dunia penerbangan pelayanan terhadap pelanggan dibagi menjadi tiga, yaitu pada saat pre flight, in flight, dan post flight. Ground handling atau tatakelola operasi darat melingkupi pelayanan pada saat pre flight dan post flight, sehingga ground handling memiliki peranan yang cukup penting di dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan. Oleh karena itu, mengidentifikasi apa saja yang menjadi faktor-faktor kritis kesuksesan di dalam proses ground handling pada PT. Garuda Indonesia merupakan hal yang penting untuk dilakukan apabila perusahaan tersebut menginginkan tercapainya kesuksesan dan tetap menjadi pemimpin pasar di dalam industry penerbangan di Indonesia.

Critical Success Factors is an important factor or the key factor for achieving success in an organization. If these factors are not going well,it will impact the success that the organization or company wanted to achieve. Critical success factors are usually contained implicitly inside the company, therefore it is important to know what key activity areas that the company need to achieve success.

Research on critical success factors analysis was conducted in PT. Garuda Indonesia, one of the biggest player on the airline industry in Indonesia. In the world of aviation, service to customers is divided into three, which is the preflight, in flight, and post flight. Ground handling is the operations or governance of the land including the service at the pre flight and post flight. Because it including two out of the three services provided to the costumer, ground handling has an important role in providing excellent service to customers. Therefore, identifying the critical success factors in ground handling process at the PT. Garuda Indonesia is an important thing to do, if the company wants to achieve success and remain a market leader in the aviation industry in Indonesia.

Kata Kunci : Critical Success Factors, Ground Handling, Pre Flight, Post Flight, Garuda Indonesia, Faktor-Faktor Kritis Kesuksesan,


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.