Laporkan Masalah

Analisa Perbandingan Pengaruh Penggunaan Nama Merek Berbahasa Asing dan Nama Merek Berbahasa Indonesia terhadap Persepsi dan Sikap Konsumen: studi kasus pada sepatu New Era dan Bata

Ragillia, Rini Widuri, Drs. Munandar

2007 | Skripsi | S1 Extention - Management

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan membandingkan persepsi dan sikap konsumen terhadap nama merek berbahasa asing dan berbahasa Indonesia, serta menganalisa pengaruh persepsi dan sikap konsumen terhadap nama merek berbahasa asing dan berbahasa Indonesia kaitannya dengan minat beli. Sampel penelitian ini adalah pelajar SLTP Negeri dan SLTA Negeri di Jepara sejumlah 120 orang, karena konsumen sepatu New Era dan Bata kebanyakan adalah pelajar. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis menggunakan uji t berpasangan (paired sample t-test) dan regresi berganda (multiple regression) dengan menggunakan software SPSS for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Persepsi kualitas konsumen terhadap nama merek berbahasa asing lebih tinggi (lebih baik) dibandingkan persepsi kualitas terhadap nama merek berbahasa Indonesia, (2) Sikap konsumen terhadap produk dengan nama merek berbahasa asing lebih baik (lebih suka) dibandingkan sikap terhadap nama merek berbahasa Indonesia, (3) Minat beli konsumen pada produk dengan nama merek berbahasa asing lebih tinggi dibandingkan minat beli pada produk dengan nama merek berbahasa Indonesia. Hasil penelitian ini memberikan implikasi baik pada perusahaan kaitannya dengan keputusan pembelian nama merek maupun bagi penelitian selanjutnya. Keyword : persepsi, sikap, mint beli, nama merek berbahasa asing, nama merek berbahasa Indonesia

This research is purposed to analyze and compare consumer"s perception and attitude toward foreign branding and Indonesian branding, and the influence of consumer"s perception and attitude toward consumer"s purchase intention. The sample of this research is 120 students of Junior High School and Senior High School in Jepara. Using convenience sampling methods with primer data collection technique through questionnaire. Data were analyzed using paired sample t-test and multiple regression by SPSS for windows. This research results indicate that ; 1) Consumer"s perception toward foreign branding is higher (better) than consumer"s perception toward Indonesian branding, 2) Consumer"s attitude toward foreign branding is higher (more positive) than consumer"s attitude toward Indonesian branding, 3) Consumer"s purchase intention toward foreign branding is higher than consumer"s purchase intention toward Indonesian branding. The managerial implications of this research is a guideline for marketers in order to consumer"s perception, attitude, and purchase intention toward brand through foreign branding strategy. Keywords : perception, attitude, purchase intention, foreign branding, Indonesian branding

Kata Kunci : Sikap Konsumen; Nama Merek Berbahasa Asing; Merek Berbahasa Indonesia


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.