Analisis Strategi Bersaing PT Pertamina Retail Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Hilir SPBU
RADITYA, MIRZA (Adv.: Ahmad Jamli, Drs., MA.), Ahmad Jamli, Drs., MA.
Objek dari penelitian ini adalah PT. Pertamina Retail yang merupakan salah satu anak perusahaan PT. Pertamina (Persero) yang bergerak dalam bisnis hilir SPBU. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lingkungan eksternal dan internal dari PT. Pertamina Retail, mengevaluasi strategi bersaing PT. Pertamina Retail, serta mengidentifikasikan strategi bersaing alternatif yang dapat digunakan PT. Pertamina Retail dalam menghadapi persaingan bisnis hilir SPBU di Indonesia.
Dalam analisis lingkungan eksternal perusahaan, peneliti menggunakan alat analisis lima kekuatan Porter untuk mengidentifikasikan faktor-faktor kunci keberhasilan dalam bisnis hilir SPBU. Selanjutnya, dalam analisis lingkungan internal perusahaan, peneliti menggunakan alat analisis rantai nilai untuk mengidentifikasikan keunggulan bersaing yang dimiliki oleh PT. Pertamina Retail. Berdasarkan analisis lingkungan eksternal dan internal perusahaan, peneliti dapat melakukan analisis SWOT untuk mengidentifikasikan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki PT. Pertamina Retail, serta peluang dan ancaman yang akan dihadapi PT. Pertamina Retail. Setelah melakukan tiga tahapan analisis tersebut, peneliti dapat mengevaluasi strategi bersaing yang saat ini digunakan PT. Pertamina Retail serta mengidentifikasikan strategi alternatif yang dapat digunakan PT. Pertamina Retail untuk menghadapi persaingan dalam bisnis hilir SPBU saat ini.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi bersaing diferensiasi produk melalui pengembangan bisnis NFR yang diterapkan PT. Pertamina Retail saat ini merupakan strategi bersaing yang sudah tepat. Selain itu, PT. Pertamina Retail dapat menerapkan strategi bersaing diferesiasi terfokuskan pada bahan bakar alternatif sebagai strategi bersaing alternatif, yaitu biofuel dan BBG. Produk-produk bahan bakar alternatif ini dapat dijadikan keunggulan bersaing yang tidak dimiliki oleh para pesaingnya yang belum mengembangkan dan memasarkan produk-produk bahan bakar alternatif di Indonesia.
The object of this study is PT. Pertamina Retail which is a subsidiary of PT. Pertamina (Persero) engaging in the gas stations business. This study aims to analyze the external and internal environment of the PT. Pertamina Retail, evaluate the competitive strategy of PT. Pertamina Retail, and identify alternative strategy that can be adopted by PT. Pertamina Retail for competing in the gas stations business in Indonesia.
In the analysis of the companys external environment, researcher applies Porters five forces analysis to identify key success factors in the gas station business. Furthermore, researcher adopts value chain analysis to assess companys internal environment that leads to identification of PT. Pertamina Retails competitive advantage. Based on the analysis of companys external and internal environment, researcher conducts SWOT analysis to identify strengths and weaknesses of PT. Pertamina Retail, as well as threats and opportunities that are potential for the company. Completions of these three stages of analysis allows the researcher to evaluate existing competitive strategies implemented by PT. Pertamina Retail and identify alternative strategy that can be adopted by PT. Pertamina Retail to increase companys competitiveness in the gas stations business today.
From the results of this study, it can be concluded that the product differentiation strategy through the development of non-fuel retail business, is an effective competitive strategy that is currently implemented by PT. Pertamina Retail. Moreover, the company may also develop focused differentiation strategy in alternative fuels as an alternative competitive strategy, such as biofuel and fuel gas. This innovation may result in great competitive advantage for PT. Pertamina Retail as a pioneer in the industry for alternative fuels retailer in Indonesia.
Kata Kunci : faktor kunci keberhasilan; keunggulan bersaing; strategi bersaing, key success factors; competitive advantage; competitive strategy.