Evaluasi implementasi theory of constraint terhadap kepuasan pasien: kasus rumah sakit Prof. Dr. Soeroyo Magelang
RACHMAWATI PERDANI SUSIDIYANTI, Dr. Ertambang Nahartyo, M.Sc
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai constraints yang dihadapi oleh Rumah Sakit, data mengenai constraints yang sudah diatasi oleh Rumah Sakit dan yang belum teratasi, khususnya bagian Kebidanan dan Kandungan serta membuktikan mengenai manfaat TOC dalam penyelesaian constraints yang dihadapi oleh industri Rumah Sakit.
Pada penelitian ini, penulis menggunakan analitis kualitatif untuk menjelaskan fenomena aturan berpikir ilmiah yang diterapkan khususnya pada Rumah Sakit dalam mengatasi constraint. Penelitian ini menggunakan data primer yang diambil dari sampel yaitu bagian Kebidanan dan Kandungan Rumah Sakit. Pada penelitian ini, cara yang digunakan untuk mengambil data adalah melalui wawancara, observasi dan kuesioner.
Hasilnya terdapat 2 constraint yang dihadapi Rumah Sakit, dimana binding constraint atau constraint utama yang mengikat adalah internal constraint yang berupa keterbatasan alat. Constraint yang dialami oleh bagian Kebidanan dan Kandungan telah berhasil diatasi dengan dasar pengukuran bahwa pasien yang datang untuk menggunakan jasa pelayanan ini meningkat dan menyatakan kepuasan atas layanan di bagian ini
This study aims to obtain data about the obstacles faced by hospitals, find out the constraint that have been overcome by the hospital and that has not been resolved, especially in Obstetrics and Gynecology Department. This study is also prove the benefits of the TOC in the solution of problems faced by the home industry ill.
In this study, the authors use qualitative analysis to explain the phenomenon of the rules of scientific thinking applied particularly to the hospital in overcoming obstacles. This study uses primary data drawn from a sample of Obstetrics and Gynecology Department in Prof. Dr. Soeroyo Hospital. Methods used to collect data was through interviews, observation and questionnaires.
The result is 2 constraints faced by the Hospital, where the binding constraint or the primary constraint is internal constraints in the form of equipment limitations. Constraints experienced by the Obstetrics and Gynecology Department has been resolved with the basic measurements that patients who come to use this service to enhance and express satisfaction with the services in this Department.
Kata Kunci : constraint, qualitative, binding constraint, service satisfaction, kepuasan pelayanan