Evaluasi penggunaan Buku Sekolah Elektronik (BSE) Di SMA Se-Kabupaten Kelaten.
PURWONO, EDY (Adv.: Budi Santoso, Dr., M.Bus.), Budi Santoso, Dr., M.Bus.
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penggunaan buku sekolah elektronik (BSE) yang diluncurkan oleh Departemen Pendidikan Nasional tahun 2008, khususnya buku teks untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan Bahasa Inggris jenjang SMA di Kabupaten Klaten. BSE ini merupakan buku teks wajib yang telah dinilai oleh BSNP(Badan Standarisasi Pendidikan Nasional) dan dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan buku sejenis yang diterbitkan oleh penerbit swasta. File BSE juga bisa diunduh secara bebas di website Depdiknas. Penelitian didasarkan pada aspek teori yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Teori-teori itu adalah CIPP (context, input, process, dan product), Supply Chain Management, Just in Time, Karakteristik Produk Baru, Loyalitas Konsumen, Peranan Pemimpin, Alasan Menolak Perubahan, Pengajaran dengan Bantuan Komputer, dan Model Pengambilan Keputusan Konsumen. Populasi guru Bahasa Indonesia, Matematika, dan Bahasa Inggris jenjang SMA di Kabupaten Klaten sebanyak 220 orang. Dengan mengambil responden sebanyak 140 guru (berdasarkan Tabel Krejcie), penulis meneliti dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Wawancara dilakukan dengan lima Kepala SMA dan lima toko buku yang menjual buku teks. Oleh data dilakukan dengan mencari frekuensi setiap item pertanyaan, setiap indikator, dan setiap variabel. Temuan penelitian menunjukkan bahwa tingkat penggunaan buku BSE, baik buku fisiknya maupun buku elektroniknya, di jenjang SMA se-Kabupaten Klaten adalah rendah.
This research is aimed to describe the usage of electronic textbooks that are launched by the Department of National Education in 2008, especially the textbooks of Indonesian, Mathematic, and English for Senior High School in Klaten. The usage of these textbooks is obligatory since they have been examined by Standardization Committee for National Education and they are much cheaper than similar books published by private publisher. The file of textbooks can also be freely downloaded from the website of the Department. The research is based on the aspects of theories which are related to the problems observed. The theories are CIPP (context, input, process, and product), Supply Chain Management, Just in Time, characteristics of new products, consumer loyalty, the leader participation, the reasons of refusing changes, computer aided teaching, and the models of consumer decision making. The population is teachers who teach Indonesian, Mathematic, and English for Senior High School in Klaten. There are 220 teachers, and 140 teachers are taken as respondents (based on the Krejcie Table). The writer takes the data by giving them questioner and interviewing five principles and five book stores managers. The data analysis is done by describing the frequency of each question, indicator, and variable. The observation findings show that the usage of electronic textbooks, both physically and electrically (done by connecting to internet) is categorized in low degree.
Kata Kunci : electronic textbooks, process, supply chain management, leader participation, computer aided teaching, model of consumer decision making, buku sekolah elektronik, proses, peranan pemimpin, pengajaran dengan bantuan komputer, model keputusan konsumen.