Analisis Strategi PT Huawei Tech Investment Untuk Menjadi Vendor Utama Jaringan Telekomunikasi Bergerak Seluler Telkomsel di Indonesia
PURWANTO, EDDY (Adv.: Ertabang Nahartyo, Ph.D.), Ertabang Nahartyo, Ph.D.
Perkembangan telekomunikasi di Indonesia mulai menunjukkan angka yang cukup signifikan saat ini. Salah satu teknologi yang berkembang adalah telekomunikasi bergerak seluler. Teknologi ini berkembang pesat di Indonesia salah satu penyebabnya adalah adanya dukungan regulasi pemerintah yang memberikan keleluasaan bagi para operator untuk mengembangkan bisnis industri ini. Para operator berlomba-lomba untuk memenangkan potensial pasar yang ada. Salah satu operator terbesar yang menjalankan roda bisnis industri telekomunikasi bergerak seluler adalah PT. Telkomsel. Sebagai operator terbesar, PT Telkomsel membutuhkan penyediaan perangkat jaringan telekomunikasi sesui dengan kebutuhan pelanggannya. Huawei sebagai vendor pendatang baru dalam percaturan bisnis industri ini mulai menjajaki untuk menjadi penyedia segala perangkat telekomunikasi di operator ini. Untuk dapat menggesar persaingan pasar yang ada, Huawei melakukan berbagai langkah stategik dengan melakukan swap perangkat jaringan yang ada terhadap vendor competitor yang sebelumnya telah menggelar jaringan teknologi tersebut.
Development of telecommunications in Indonesia began to show significant numbers at this time. One technology that is developing is cellular mobile telecommunications. The technology is growing rapidly in Indonesia; one reason is the support of government regulations that provide flexibility for operators to grow the business industry. The operators are competing to win the existing market potential. One of the biggest operator who runs the business wheels cellular mobile telecommunications industry is PT. Telkomsel. As the largest operator, PT Telkomsel requires the provision of telecommunications networks within their customers' needs. Huawei as the vendor of new entrants in the business arena is beginning to explore the industry to become a provider of telecommunications equipment in this entire operator. To be able to shift existing market competition, Huawei has various strategic steps to perform the swap of the existing network of vendors who have previously held competitor network technologies.
Kata Kunci : Telekomunikasi bergerak seluler, persaingan, vendor, strategi, cellular mobile telecommunications, competition, vendors, strategies