Laporkan Masalah

Analisis sikap Konsumen Terhadap Produk Helm Berlogo SNI(Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada)

PUJIANTO, YANU (Pembimbing: Harimurti Subanar, Drs., M.M.), Harimurti Subanar, Drs., M.M.

2011 | Skripsi | S1 Extention - Management

Keselamatan lalu lintas terus-menerus menjadi kebutuhan yang makin mendesak untuk diwujudkan dalam penyelenggaraan transportasi nasional. Salah satu alat keselamatan bagi pengendara sepeda motor adalah helm. Untuk mengurangi tingginya angka korban kecelakaan lalu lintas pada pengguna sepeda motor, pemerintah mengkampanyekan penggunaan helm SNI yang lebih memenuhi standar keamanan dalam berkendara sepeda motor di Indonesia.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap konsumen terhadap produk Helm berlogo SNI khususnya sikap Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada. Alat analisis sikap yang digunakan adalah model Fishbein dengan atribut keyakinan (belief) dan penilaian (evaluation). Pengambilan sampling menggunakan teknik non probability sampling dengan menggunakan convenience sampling. Uji Validitas dihitung menggunakan analisis faktor sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik Cronbachs Alpha.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa sikap konsumen khususnya sikap Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada terhadap produk Helm berlogo SNI adalah positif.

Continuous traffic safety become the requirement which more and more to insist on to be realized in management of national transportation. One of safety appliance for motorcyclist is helmet. To lessen the height of number of victim of traffic accident at motorbike consumer, governmental campaign the more fulfilling helmet SNI use of security standard riding motorbike in Indonesia.

This research aim to to analyse the consumer attitude to product of Helmet have logo SNI specially attitude students of S1 Economics and Business Faculty of Gadjah Mada University. Attitude Analyzer used Fishbein Models with the attribute; confidence (belief) and assessment (evaluation). This Sampling method used non probability sampling by using convenience sampling. Validity test method used the factor analysis and reliability use the technique CronbachS Alpha.

This research conclude that consumer attitude specially attitude students of S1 Economics and Business Faculty of Gadjah Mada University to product of Helmet have logo SNI is positive.

Kata Kunci : Consumers Attitude, Belief, Evaluation.Sikap Konsumen, Keyakinan, Penilaian.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.