Prioritas keunggulan bersaing pada PT Kalbe Farma, Tbk.
PRATOMO, DIMAS BAYU , Drs. Wakhid S. Ciptono, MBA,MPM
Penelitian ini adalah studi mengenai analisis prioritas keunggulan bersaing PT. Kalbe Farma, Tbk, sebuah perusahaan farmasi swasta nasional terkemuka di Indonesia. Dalam penelitian ini peneliti berfokus pada empat isu, yaitu mengidentifikasi prioritas keunggulan bersaing PT. Kalbe Farma, Tbk. dalam lima tahun mendatang, kedua menganalisis kekuatan relatif PT. Kalbe Farma, Tbk terhadap pesaingnya saat ini, ketiga menguji ada atau tidaknya perbedaan persepsi antar grup karyawan terhadap prioritas keunggulan bersaing perusahaan, keempat mengidentifikasi ada atau tidaknya trade-off antar dimensi prioritas keunggulan bersaing PT. Kalbe Farma, Tbk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prioritas keunggulan bersaing PT. Kalbe Farma, Tbk. berturut-turut adalah kos, tingkat inovasi, kualitas, layanan, pengantaran dan fleksibilitas. Didapati juga bahwa PT. Kalbe Farma memiliki keunggulan terhadap pesaing-pesaing utamanya dalam bidang kualitas, tingkat inovasi, kos, layanan, pengantaran dan fleksibilitas. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan persepsi antar grup terhadap prioritas keunggulan bersaing yang signifikan pada variabel kos, pengantaran dan layanan. Hal ini menunjukkan belum efektifnya sosialisasi strategi yang dilakukan oleh managemen perusahaan. Penelitian ini juga mengidentifikasi bahwa tidak terdapat adanya trade-off dalam prioritas keunggulan bersaing perusahaan.
This research is an analysis study of competitive priorities of Kalbe Farma, a top pharmaceutical company in Indonesia. This research is focused on four issues, first is to identify competitive priorities in PT. Kalbe Farma, Tbk. in the next five years. Secondly is to analyze the relative strenght to it's competitors in the present time, thirdly is to test the difference in different group of employee's perception. In the end is to identify the trade-off between competitive priorities dimensions. And the result show that PT. Kalbe Farma, Tbk. competities priorities are in succession: cost, innovativeness, quality, service, delivery and flexibility. And the relative strenght to its competitors are quality, innovativeness, cost, service, delivery and flexibility. The result is also show that there are significant differences among employee's perception on it's competitive priorities. The fifferences are in variable cost, delivery and service. This show that the management is not socializing the strategy effectively to all of the employee. This research also indicate that there is no trade-off in the company's competitive priorities.
Kata Kunci : prioritas keunggulan bersaing