Penerapan good governance pada sektor pelayanan publik (studi kasus pada pemerintah kota Yogyakarta)
Pratiwi, Arsie , Taufikur Rahman, SE., MBA.,Ak
Latar belakang penelitian adalah untuk mengidentifikasi masalah dalam pelayanan publik khususnya dalam pelayanan perijinan, yaitu apakah Pemerintah Kota Yogyakarta dalam pelaksanaan pelayanan perijinan telah menerapkan prinsip-prinsip Good Governance.
Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu pertama dengan studi pustaka, kedua melalui observasi secara langsung dengan pengamatan dan penelitian kegiatan organisasi dan ketiga melalui wawancara secara langsung dengan sumber-sumber utama juga pihak lain yang relevan untuk memperjelas masalah yang sedang diteliti. objek penelitian yaitu Dinas Perijinan Kota Yogyakarta, dimana pelayanan publik dalam hal perijinan dilayani oleh Dinas Perijinan Kota Yogyakarta.
Hasil dan kesimpulan: penelitian menunjukkan penerapan prinsip-prinsip good governance sektor pelayanan publik pada Pemerintah Kota Yogyakarta sudah dapat terpenuhi dengan baik. Pelayanan publik yang diberikan Pemerintah Kota Yogyakarta secara umum memberikan kepuasan kepada masyarakat. Prinsip-prinsip good governance telah secara baik terlaksana dalam pelayanan perijinan Pemerintah Kota Yogyakarta.
Background: this study seeks to identify problems in public services specially in admittance services, that is to identify the Government of Yogyakarta in admittance services compliance already applied Good Governance priciples.
First step data collection method by library study, step two by directly observation with monitoring and research organitation's activity, and step three by directly interview with principal source also from others that relevance, so can help to resolve the problems. The object of this study is Dinas Perijinan Kota Yogyakarta, where public services specially in admittance services served here.
Result and conclusions: this study indicate that the Government of Yogyakarta in admittance services had been applied good governance principles. The admittance services giving satisfaction to citizen. Good governance principles carried out in a good way in admittance services by government of Yogyakarta.
Kata Kunci : prinsip-prinsip good governance, otonomi daerah, pelayanan publik