Laporkan Masalah

Analisis Strategi Bersaing PT Lippo Karawaci, Tbk Dalam Industri Property dan Real Estate di Indonesia

PRANG, BAMBANG ANDIKANING (Adv.: Amin Wibowo, M.B.A., Ph.D.), Amin Wibowo, M.B.A., Ph.D.

2014 | Tesis | S2 Magister Management

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi yang diterapkan PT. Lippo Karawaci, Tbk dalam menghadapi persaingan bisnis properti di Indonesia, menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman PT. Lippo Karawaci, Tbk dalam menghadapi persaingan bisnis properti di Indonesia dan menganalisis Key Success Factor yang dimiliki oleh PT. Lippo Karawaci, Tbk dalam menghadapi persaingan bisnis properti di Indonesia. Hasil analisis SWOT pada penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi bagi PT. Lippo Karawaci, Tbk untuk menyesuaikan sumber daya dan kapabilitas perusahaan dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat. Analisis yang dilakukan juga dapat dijadikan alat untuk memetakan strategi yang dipilih PT. Lippo Karawaci, Tbk.

Data yang digunakan dalam penelitian adalah data hasil observasi dan wawancara dengan pihak manajemen PT. Lippo Karawaci, Tbk; yang meliputi kondisi lingkungan industri, lingkungan internal dan lingkungan eksternal perusahaan. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan beberapa alat analisis manajemen strategik, antara lain analisis PEST, analisis SWOT mod e l David, dan identifikasi Key Success Factor.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi bersaing Lippo Karawaci masih sangat efektif untuk berkompetisi dalam bidang properti hingga saat ini dan kemungkinan di masa yang akan datang; faktor-faktor yang menjadi kekuatan dari Lippo Karawaci adalah pangsa pasar yang besar, kinerja keuangan yang baik, occupancy rate yang tinggi, manajemen yang baik, dan tingkat kepuasan pelanggan yang tingg dan faktor- faktor kunci keberhasilan bagi Lippo Karawaci selama ini yang perlu diperhatikan untuk bertahan di kemudian hari adalah sumber daya manusia, karyawan yang berpengalaman dan memiliki keahlian khusus dalam bidangnya, sumber daya inovasi, setiap pembangunan propertinya selalu melakukan inovasi bentuk, teknologi, biaya, dan sumber daya reputasi.

This study aims to evaluate the strategy of PT. Lippo, Karawaci Tbk in deal with competition on property business in Indonesia, to analyze the strengths, weaknesses, opportunities, and threats of PT. Lippo Karawaci Tbk in deal with competition on property business in Indonesia and analyze Key Success Factor owned by PT. Lippo Karawaci Tbk on property business in Indonesia. The results of SWOT analysis in this study are expected to provide information for PT. Lippo, Karawaci Tbk to adjust the company's resources and capabilities in deal with increasingly fierce of business competition. The performed analysis can also be used as a tool to map the selected strategy of PT. Lippo Karawaci Tbk.

Data used in this study is results of data observations and interviews with the management of PT. Lippo, Karawaci Tbk; which includes the conditions of industrial environment, internal environment and external environment. The data is analyzed by using several analytical tools of strategic management, among others, PEST analysis, SWOT model of David analysis, and the identification of Key Success Factor.

The results showed that competitive strategy is still very effective for Lippo to compete in the field of property at the present and likely in the future; the factors that become a strength of Lippo Karawaci is a large market share, good financial performance, high occupancy rates, good management, and high level of customer satisfaction and key success factors for Lippo should be reviewed for survive in the future are human resources, experienced employees, and have specialized expertise in their field, innovation resources, each development property form is always innovation, technology, cost, reputation and resources.

Kata Kunci : strategi bersaing, analisis PEST, analisis SWOT,competitive strategy, PEST analysis, SWOT analysis, Key Success Factor.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.