Kebutuhan Informasi Investor di Pasar Modal Indonesia (Suatu Penelitian Eksploratif)
Pagalung, Gagaring. (Adv.: Drs. Harnanto, M. Soc. Sc), Drs. Harnanto, M. Soc. Sc
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengidentifikasi kebutuhan informasi (information needs) dari para investor yang dijadikan dasar pengambilan keputusan investasi. Tujuan penelitian ini ada-lah:
1. Mengidentifikasi kebutuhan informasi investor yang dijadikan dasar pengambilan keputusan investasi saham di pasar modal Indonesia.
2. Sebagai bahan masukan bagi emiten dan talon emiten untuk keperluan pengungkapan information content dalam pembuatan atau penerbitan laporan yang disebarluaskan ke masyarakat, agar pengungkapan informasi tersebut memenuhi kriteria full disclosure.
3. Sebagai bahan masukan bagi BAPEPAM dan BEJ untuk pengaturan bursa efek, khususnya yang berkaitan dengan information con¬tent yang perlu disampaikan kepada badan atau individu yang terlibat di pasar modal.
4. Sebagai bahan masukan bagi Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), khususnya penerbitan pernyataan-pernyataan baik berupa Prin-sip Akuntansi Indonesia (PAI) maupun Norma Pemeriksaan Akun-tan (NPA)) yang berkaitan dengan kebutuhan informasi di pa-sar modal Indonesia.
Penelitian ini adalah penelitian eksploratif. Data dikum-pulkan melalui kuesioner yang diajukan secara langsung kepada pa-ra responden. Adapun yang menjadi responden adalah para pialang efek yang berfungsi sebagai proxy (wakil) yang representatif da-ri para investor. Hal ini dilakukan karena peran pialang efek di pasar sekunder sangat besar di dalam mensuplai informasi yang di-butuhkan para investor dalam pengambilan keputusan invetasi sa-ham. Investor yang dimaksud adalah investor perorangan. Data yang terkumpul terlebih dahulu ditabulasi, kemudian dilakukan penguji-an data yang meliputi tes validitas dan tes reliabilitas. Pengo-lahan data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif.
Dari 34 item informasi yang merupakan faktor investasi yang dianalisis, menghasilkan 12 item informasi yang menduduki pering-kat kategori antara cukup penting dan sangat penting (great im¬portance), sedangkan sisanya 22 item informasi menduduki pering-kat cukup penting (moderate importance). Dari 12 item yang masuk peringkat great importance, menunjukkan bahwa informasi bukan akuntansi menduduki peringkat yang tertinggi. Namun demikian, dilihat dari segi homogenitas penyebaran informasi, menunjukkan bahwa informasi kontemporer (contemporary information) memiliki nilai koefisien variasi yang hampir sama. Ini berarti kedudukan informasi kontemporer lebih dibutuhkan dan penyebaran informasi-nya homogen. Tapi hasil tes 2 rata-rata (two means test) menun-jukkan hasil yang tidak signifikan.Hasil lain menunjukkan, bahwa informasi-informasi yang ber-kaitan dengan pendapatan saham (earnings) menjadi faktor utama yang lebih dipertimbangkan daripada informasi-informasi yang ber-kaitan dengan dividen (dividends) didalam menganalisis investasi saham. Hasil peringkat item menunjukkan bahwa informasi yang ber-kaitan dengan earnings menduduki peringkat yang lebih tinggi dari pada informasi yang berkaitan dengan dividends, baik informasi historis, kontemporer, maupun informasi yang bersifat ekspektasi. Analisis uji beda 2 rata-rata menunjukkan bahwa kalau level of significance 5% maka beda 2 rata-ratanya tidak signifikan, tapi kalau level of significance 10% menunjukkan hasil yang signifi-kan. Sumber informasi yang dijadikan acuan utama untuk pengam-bilan keputusan investasi saham berasal dari laporan keuangan dan pialang saham. Nara sumber informasi tersebut masing-masing menduduki peringkat pertama dan kedua.
This research has been intended to identify investors' need for information on which their decision on investment is made. The specific objectives of the research are as follows.
1. To identify the investor's information needs which serve as a basis for investing shares in the stock exchange in Indo¬nesia.
2. To provide an input for emiten and potential emiten in terms of information content which is needed in drawifig up a re¬port to be made available to the general public so that the dissemination of information meets the criterion of full disclosure.
3. To provide an input for BAPEPAM (The Capital Market Supervi¬sory agency) and BEJ (Jakarta Stock Exchange) in the manage¬ment of stock exchange, especially in relation to the infor¬mation content is disseminated to organizations or individu¬al engaged in the capital market.
4. To provide an input for IAI (Association of Indonesian Acco-untants) particularly in connection with the publication of statements such as PAI (Generally Accepted Accounting Prin-ciples) and NPA (Generally accepted Auditing Standards).
This research is exploratory. Data were collected through questionaires completed in face-to-face encounters. The respon¬dents were stockbrokers who acted as proxies for investors. This has been done because of the significant role played by stockbro¬kers in the secondary market in providing information for inves¬tors. These investors were individual investors. The data were first tabulated,and the their validity and reliability were tested. Descriptive statistics was adopted in data processing.
The findings show that of the 34 information items under analysis, 12 items belong to the category great importance while the remaining 22 items come under moderate importance. The 12 items under great importance show that non-accounting information ranks the highest. However, from the point of view of the homoge¬neity of information dissemination, the contemporary information items have similar values in coefficient variation. This means that contemporary information carries more weight and the dis¬semination of information is homogeneous. But the result of two mean tests showing is not significant.
Another finding has shown that informatiO on earnings is a major factor in analyzing share investment and is given more con¬sideration than information on dividends. Item ranking demonstra¬tes that earnings related information is higher on the scale than dividends-related information. Two mean tests analysis shows that if the level of significance is 5%, the difference between the two mean tests is not significant, but if the level of signifi¬cance is 10%, they are significant. This applies both to histori¬cal and contemporary information as well as information in the nature is obtained from financial statements and stockbrokers. The resource information from the financial statements and stockbrokers rank first and second respectively.
Kata Kunci : kebutuhan informasi (information needs), investor (investors), pendapatan saham (earnings), dan dividen (dividends)