Laporkan Masalah

Pengaruh interaksi pangsa pasar dan leverage terhadap praktik manajemen laba

Nuswantara , Dian Anita (Adv. Dr. Indra Wijaya Kusuma, MBA.), Dr. Indra Wijaya Kusuma, MBA.

2003 | Tesis | S2 Accounting

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh variabel pangsa pasar, kepemilikan oleh institusi, dan tingkat leverage terhadap manajemen laba dan pengaruh interaksi variabel pangsa pasar dan tingkat leverage terhadap manajemen laba. Pengujian dilakukan dengan menggunakan metode statistik regresi berganda dan regresi berganda dengan interaksi. Jumlah observasi penelitian adalah 81 terdiri dari 27 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta (BEl) dengan periode amatan 1998 sampai dengan 2000.

Hasil penelitian memberikan bukti bahwa pangsa pasar berpengaruh terhadap manajemen laba dan interaksi antara pangsa pasar dan tingkat leverage berhubungan negatif dengan manajcmen laba.

The purpose of the study is to investigate whether market share, institutional ownership and leverage effect the existence of earnings management and whether the interactin between market share and leverage will effect the existence of earnings management. To conduct this research we use regression and regression with interaction method as a statistical tools. Total observation is 81 that is 27 companies that listed on Bura Efek Jakarta (BEJ) by 1998 to 2000. the results show the evidence that market share effect the existence of earnings management and the interaction between market share and leverage also effect the earnings management.

Kata Kunci : pangsa pasar, kepemilikan institusi, tingkat leverage, manajemen laba


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.