Dampak Alokasi Anggran Terhadap Output Pendidikan (Studi Pada Pemerintah Kab/Kota Di Provinsi D.I. Yogyakarta
NURDIN (Adv.: Abdul Halim, Prof., Dr., M.B.A.), Abdul Halim, Prof., Dr., M.B.A.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh anggaran pendidikan terhadap output pendidikan pada kabupate/kota di Provinsi D.I. Yogyakarta tahun 2005-2010. Anggaran pendidikan pendidikan diukur dengan menggunakan Dana Bantuan Operasional Siswa (BOS). Output pendidikan diukur dengan menggunakan 3 indikator pendidikan, yaitu Nilai Tes Siswa (NTS), Tingkat Putus Sekolah (TPS), dan Angka Partisipasi Murni (APM). Selain itu, penelitian ini juga menguji menguji pengaruh rasio murid guru dan pendapatan orang tua yang dijadikan sebagai variabel kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anggaran pendidikan berpengaruh negatif terhadap nilai tes siswa, dan tidak ada pengaruh antara anggaran pendidikan terhadap angka tingkat putus sekolah dan angka partisipasi murni.
This study aim to examine the effect of educational budget spending on educational output from years 2005-2010. Population in this study is district/city in the Province of D.I. Yogyakarta. Educational spending was measured by Student Operational Fund, educational output was measured by test score, dropout rate, and net enrolment. In addition this research also examine the effect of pupil-teacher ratio and parents income used as control variable. Result show that educational spending has a negative effect on test score, and then no effect of educational spending on drop out rate and net enrollment rate.
Kata Kunci : Alokasi anggaran pendidikan, output pendidikan, Educational spending, educational output