Evaluasi sistem pengukuran kinerja management perusahaan dengan konsep balanced score card: studi kasus pada koperasi produksi pengusaha perak Yogyakarta (KP3Y)
Nurdin, Abdul Rachman, Adv.: Dr. Ertambang Nahartyo, M.Sc
Perkembangan teknologi dan informasi bisnis yang berkembang pesat saat ini, sangat berpengaruhi dalam proses globalisasi bisnis. Evaluasi Pengukuran Kinerja membantu perusahaan dalam penerapan strategi bisnis dengan membandingkan hasil yang sebenarnya dengan sasaran dan tujuan perusahaan. Tujuan yang ingin dicapai adalah Mengetahui pengukuran kinerja pada KP3Y dari sudut pandang BSC dengan relevansi pengukuran kinerja yang dilakukan terhadap lingkungan bisnis yang dihadapi, strategi yang diterapkan dan peningkatan kemampwm untuk bersaing dimasa depan. bennanfaat sebagai bahan masukan/ infonnasi dalam pengembangan pengukuran kinerja dan efektifitas pengelolaan manajemen perusahaan. dokumen-dokumen resmi, hasil wawancara, maupun hasil obse:rvasi pada kegiatan perusahaan diperlukan dalam analisis BSC pada KP3Y.
Pendekatan Deskriptif kualitatif merupakan perbandingan pengukuran kinerja manajemen yang dilakukan perusahaan pada umumnya dengan penguku.um kinerja manajemen dalam Balanced Scorecard untuk mengukur kinerja eksekutif diperlukan ukuran yang komprehensif, dimana mencakup empat perspektif yaitu keuangan, customer, proses bisnis intern, pembelajaran dan pertumbuhan. Hasil dari penggunaan BSC dihasilkan sasaran-sasaran strategi yang komprehensif, koheren, terukur dan seimbang.
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa Evaluasi Sistem Pengukuran Kinerja dc~ngan Balanced Scorecard merupakan sistem yang sangat efektif untuk mempengaruhi prilaku, cara pandang, cara berpikir dan kinerja karyawan.
pengukuran kinerja dapat digunakan sebagai suatu system dalam manejemen untuk mengarahkan seluruh potensi perusahaan dalam melakukan strategi untuk mencapai tujuan keuangan perusahaan.
KP3 Y sebaiknya menerapkan pengukuran kinerja yang sesual yaitu menggunakan pengukuran kinerja yang komprehensif, koheren, terukur dan seimbang.
Kata Kunci : globalisasi bisnis, strategi bisnis, evaluasi kinerja, manajemen perusahaan