Pengaruh Atmospheric Cues pada Perilaku Pengunjung Museum Dengan Peran Respon Emosi sebagai Mediator
NURDENILA, FELLANY FITRI (Pembimbing: Teguh Budiarto, Ds., M.I.M.), Teguh Budiarto, Ds., M.I.M.
Tujuan dari penelitian ini adalah menguji pengaruh atmospheric cues pada perilaku pengunjung museum dengan peran respon emosi pengunjung sebagai variabel mediasi. Perilaku pengunjung museum digambarkan dalam konsep perilaku approach-avoidance. Respon pengunjung museum diamati dari emosi pengunjung museum berupa emosi pleasure dan arousal.
Penelitian ini menggunakan museum sebagai obyek penelitian dan pengunjung museum sebagai subyek penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui kuesioner yang dikumpulkan langsung dari pengunjung museum. Alat analisis yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa atmospheric cues berpengaruh secara positif dan signifikan pada respon emosi dan perilaku approach-avoidance pengunjung museum. Selain itu, respon emosi juga ditemukan sebagai variabel yang memediasi secara parsial hubungan atmospheric cues pada perilaku approach-avoidance.
This study aimed to analyze the influences of atmospheric cues on the behavior of museum visitor with emotional responses of museum visitor as a mediator variable. Behaviors of museum visitor explained with approach-avoidance behavior. Emotional responses of museum visitor described by emotion like pleasure and arousal.
In this study, research object is museum and research subject is museum visitor. This study used quantitative approach with survey method, and data was collected using questionnaire from museum visitor. Statistical analysis tools used in this study is Partial Least Square (PLS).
Result of this study showed that atmospheric cues influences on the emotional responses and behavior of museum visitor are significant and positive. Beside that, emotional responses also mediated the influences of atmospheric cues on the behavior of museum visitor.
Kata Kunci : atmospheric cues, emotional responses, pleasure and arousal, approach-avoidance behavior, museum marketing, respon emosi, perilaku, marketing museum.