Positioning Merk Motor Bebek 125/135 cc di Kota Yogyakarta
Nugroho, Andi (Pemb : Dr. BM Purwanto, MBA), Dr. BM Purwanto, MBA
2013 | Skripsi | S1 Management
Setiap perusahaan saling berlomba untuk memperoleh pangsa pasar seluas-luasnya yang tentunya demi mempero1eh keuntungan yang sebesar-besarnya. Dalam bersaing, perusahaan harus mampu merebut hati calon pe1anggannya. Hal ini berlaku pula di dunia otomotif terutama motor bebek berkapaSitas 125/135 cc. Pangsa pasar yang besar membuat persaingan ini semakin ketat. Salah satu strategi da1am merebut pangsa pasar tersebut adalah positioning yang merupakan hasil akhir dari strategi STP (Segrnentasi-Targeting-Positioning). Obyek da1am penelitian ini adalah motor bebek 125/135 cc antara lain: Honda Supra X 125, Honda KarismaX; Yamaha Jupiter MX, Suzuki Arashi, dan Suzuki Shogun 125. Di antara motor bebek 125/135 cc ini harus diketahui posisi kemiripan maupun faktor pembedanya, sehingga dapat memberikan informasi yang baik bagi perusahaan maupun masyarakat sebagai pelanggan/calon pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ciri-ciri fisik sepeda motor yang diminati konsumen atau calon konsumen di DIY, untuk mengetahui atribut produk yang dipertimbangkan dalam memilih merk sepeda motor bebek 125/135 cc, dan untuk mengetahui posisi sepeda motor bebek 125/135 cc di benak masyarakat Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan 3 metode pengumpulan data. Yang pertama adalah observasi dengan data yang didapatkan adalah beberapa merk varian sepeda motor yang sedang menjadi trend pasar sepeda motor saat ini. Yang kedua adalah wawancara awal yang telah dilakukan terhadap 35 orang dan dapat disimpulkan bahwa temyata hanya 4 atribut saja yang dianggap penting dan signifikan dalam memilih dan memposisikan suatu produk sepeda motor bebek. Atribut-atribut tersebut ada1ah keawetan produk, efisiensi bahan bakar, model, dan wama serta stripping. Yang ketiga adalah kuisioner yang disebar kepada 100 orang respondeD. Metode pengambilan sampel da1am penelitian ini adalah metode non¬probability sampling. Jenis non-probability sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Ada tiga analisis data yang digunakan yaitu Analisis Persentase yang berguna untuk mengetahui profit konsumen/calon konsumen motor bebek 125/135 ce. Multidimensonal Scalling yang berguna untuk mengetahui posisi kemiripan di benak konsumen. serta Correspondence Analysis yang berguna untuk mengetahui posisi berdasarkan atribut-atribut yang dimiliki masing-masing.
Dalam penelitian ini didapatkan hasil ciri-ciri motor yang diinginkan untuk dibeli ke1ak bermerk Honda, bertipe sport dan bebek sport, berkapasitas 125 cc, bertransmisi manual, ber-Velg Racing, Mesin 4 tak injeksi, ber-stripping cerah, berwama duo-tone/dua wama, berwarna dominan hitam, dan berdasarkan pertimbangan pribadi. Analisis MDS memperlihatkan bahwa Karisma X dan Supra X 125 diposisikan sebagai produk yang irit bahan bakar. Sedangkan Jupiter MX, Suzuki Arashi, dan Suzuki Shogun 125 diposisikan sebagai produk dengan model yang bagus. Sedangkan hasil analisis CA menunjukkan bahwa Suzuki Arashi unggul dalam atribut warna dan stripping, Jupiter MX dan Suzuki Shogun 125 unggul dalam atribut mode~ Supra X 125 unggul dalam atribut keawetan produk, dan Karisma X unggul dalam atribut efisiensi bahan bakar.
Kata Kunci : Motor Bebek 125/135 CC, Positioning, Multidimensional Scalling, Correspondence Analysis