Analisis Pengaruh Es-Quality Pada Loyalitas Pelanggan: Studi Pada Pelanggan Tiket Elektronik Lion Air
NUGRAHA, I DEWA MADE MAYSA (Adv.: B.M. Purwanto, M.B.A., Ph.D.), B.M. Purwanto, M.B.A., Ph.D.
Studi ini menguji niat beli pelanggan pada tiket elektronik Lion Air. ES-Qual menjadi fokus utama bagaimana hal tersebut berdampak pada nilai yang dirasakan konsumen, yang nantinya timbul rasa loyal untuk menggunakan sistem daring dalam melakukan pembelian tiket pesawat terbang. Menggunakan metode Judgement sampling, data yang berhasil dikumpulkan sejumlah 110 responden, dan diolah dengan menggunakan metode analisis statistik yaitu regresi berganda menggunakan bantuan program SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan ada variabel dalam ES-Qual yang ditolak. Secara khusus, efisiensi dan privasi memegang peranan penting pada penentuan sikap loyal konsumen dalam membeli tiket pesawat secara daring.
This study examines the customer's intention to buy electronic tickets Lion Air. ES-Qual be the main focus of how it impacts on consumer perceived value, which will arise a sense of loyalty to use the online system in the purchase of an airplane ticket. Using Judgement sampling methods, data collected a number of 110 respondents, and analyzed using statistical methods, namely multiple regression analysis using SPSS. The results of this study indicate there are variables in the ES-Qual rejected. In particular, efficiency and privacy plays an important role in determining the attitude of loyal consumers into buying tickets online.
Kata Kunci : customer's intention, loyal consumers, privacy plays, important role, ES-Qual rejected, consumer perceived value, niat beli pelanggan, ES-Qual, sistem daring, sikap loyal konsumen, tiket pesawat secara daring.