Laporkan Masalah

Peran Project Management Office (PMO) dalam Pengelolaan it Related Projects Pada Bank CIMB Niaga

NIZAR, NEFO INDRA (Adv.: Didi Achjari, Dr., M.Com.), Didi Achjari, Dr., M.Com.

2014 | Tesis | S2 Magister Management

Proyek-proyek pengembangan teknologi informasi memerlukan biaya yang sangat besar, untuk itu pelaksanaannya harus terus dikawal dan dimonitor, mulai dari persetujuan proyek sampai dengan tahap implementasi. Salah satu peranan yang mengawal, monitor, mengontrol dan mengelola proyek-proyek adalah Project Management Office (PMO). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan PMO di dalam pengelolaan IT Related Proyek, dan melihat tingkat kematangan di dalam proses tata kelola proyek, serta peranan lingkungan organisasi dan manajemen proyek yang mendukung keberhasilan implementasi proyek.

PT Bank CIMB Niaga, Tbk telah berhasil melaksanakan integrasi teknologi informasi sebagai salah satu tahapan yang harus dilalui pada proses merger antara Bank Niaga dan Bank Lippo. Untuk memenuhi tujuan dan sasaran bisnis, selain stabilitas sistem pengembangan terhadap teknologi informasi terus dilakukan, tercermin dengan proyek-proyek berbasis TI yang sedang dijalankan.

PMO merupakan fenomena baru di dunia usaha saat ini, khususnya bagi perusahaan yang berbasis proyek mempunyai peranan atau fungsi yang berbeda di tiap organisasi. Untuk melihat peranan PMO di dalam pengelolaan proyek berbasis TI, dilakukan penelitian dengan menggunakan metode kualitatif untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam dan memperoleh gambaran secara menyeluruh mengenai peranan PMO di dalam pengelolaan IT Related Project pada CIMB Niaga yang mengacu kepada penelitian sebelumnya. Untuk mengetahui tingkat kematangan PMO di dalam proses tata kelola proyek menggunakan pendekatan proses tata kelola teknologi informasi COBIT. Untuk mengetahui peranan lingkungan organisasi dan manajemen proyek yang mendukung keberhasilan proyek, dilihat dari tingkat komitmen manajemen, tingkat tingkat akuntabilitas pihak yang terlibat di dalam proyek, serta elemen- elemen manajemen proyek yang mencerminkan organisasi yang di teliti.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa peranan monitoring & controlling adalah peranan yang paling utama dari PMO. Tingkat kematangan proses tata kelola proyek saat ini berada pada tingkat 3, atau proses tata kelola sudah didefinisikan secara tepat untuk tujuan bisnis dan teknis (defined process). Tingkat kompetensi organisasi saat ini berada pada tahap 2, atau Basic PMO. Untuk faktor lingkungan organisasi dan manajemen proyek secara keseluruhan cukup mendukung suksesnya implementasi proyek-proyek berbasis TI di CIMB Niaga.

Development projects of information technology result to a very large cost, therefore the implementation must be guarded and monitored, starting from project approval up to its implementation stages. One role of guarding, monitoring, controlling and managing projects is Project Management Office (PMO). This study aims to learn the role of PMO in the management of IT Related Projects, and determine the maturity level of project governance processes, and role of organizational and project management environment that support successful implementation of the project.

PT Bank CIMB Niaga Tbk has successfully implemented the integration of information technology as one of the stages that must be passed on the merger between Bank Niaga and Bank Lippo. To meet business goals and objectives, in addition to the stability of the system development of information technology continues, as reflected by IT-based projects that are running.

PMO is a new phenomenon in the business world today, particularly for project-based company that has a different role or function in every organization. To see the role of PMO in the management of IT-based project, the research was conducted using qualitative methods to gain a deep understanding and get the whole picture regarding the role of PMO in the management of IT Related Project at CIMB Niaga, which refers to previous research. To determine the level of PMO maturity in project governance processes using a process approach to information technology governance COBIT was used. To determine the role of organizational and project management environment that supports the success of the project, judging from the level of management commitment, the level of level of accountability of those involved in the project, and project management elements that reflect the meticulous organization.

The Results of this research indicate that the role of monitoring and controlling is the most important role of the PMO. Maturity levels of project governance processes are currently located on Level 3, or the process of governance has been defined precisely for the purpose of business and technical (defined process). Current level of organizational competence is in phase 2, or Basic PMO. For environmental factors and project management organization is a whole means to support the successful implementation of IT-based projects in CIMB Niaga.

Kata Kunci : Peranan PMO, IT related projects, tata kelola proyek, tingkat kematangan, lingkungan organisasi, manajemen proyek, Role of PMO, IT related projects, project governance, level of maturity, environtmental organizations, project management,


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.