Laporkan Masalah

Efektivitas Pesan Iklan Produk "Kpr Primagriya" Dari Bank Danamon Di Daerah Istimewa Yogyakarta

Ni Wayan Sri Suprapti (Adv: Dr. Basu. Swastha Dh., MBA), Dr. Basu. Swastha Dh., MBA

1994 | Tesis | S2 Management

Obyek penelitian ini adalah iklan produk kredit pemilikan rumah dari Bank Danamon yang diberi merek. KPR PRIMAGRIYA, dengan mengacu model hierarki efek dari Lavidge & Steiner. Data diambil dari 120 responden kepala keluarga yang dibagi dalam dua kelompok yaitu kelompok KPR bagi yang sudah pernah membeli KPR (kredit pemilikan rumah), dan kelompok non KPR bagi yang belum pernah membeli KPR.

Penelitian bertujuan mengidentifikasi tingkat kesadaran dan pengetahuan konsumen terhadap produk KPR PRIMAGRIYA. Disamping itu mengidentifikasi pengaruh pesan iklannya baik terhadap kesukaan dan preferensi yang mencerminkan aspek sikap, maupun terhadap minat beli

konsumen.

Secara keseluruhan konsumen belum begitu mengetahui kehadiran produk ini. Namun demikian data menunjukkan, konsumen kelompok non KPR memiliki tingkat kesadaran dan pengetahuan yang lebih tinggi daripada konsumen kelompok KPR. Keinginan membangun rumah dengan menggunakan KPR telah mendorong kelompok non KPR lebih peka terhadap informasi tentang kredit pemilikan rumah.

Melihat iklan KPR PRIMAGRIYA, konsumen menilai penampilannya dalam kategori agak menarik. Mereka sudah mampu menangkap pesan-pesannya sesuai dengan harapan produsen. Selain itu pesan-pesan tersebut telah mampu membangun sikap positif terhadap atribut-atribut produk. Meski sikapnya belum begitu kuat, produk ini telah masuk sebagai salah satu alternatif yang akan dipertimbangkan dalam keputusan pembelian di kemudian hari. Bagi kelompok KPR, sikap tersebut dipengaruhi langsung oleh pesan-pesan yang terdapat pada iklan KPR PRIMAGRIYA, sedangkan bagi kelompok non KPR, hal itu dipengaruhi oleh kesadaran dan pengetahuannya.

Dilain pihak ternyata pesan iklan KPR PRIMAGRIYA belum mampu membangkitkan minat beli konsumen. Ini karena minat beli, baik pada kelompok KPR maupun kelompok non KPR ditentukan oleh kesukaan dan preferensi mereka. Dapat dikatakan bahwa pesan iklan berpengaruh secara tidak langsung terhadap minat beli konsumen.

Penggunaan media cetak yang lebih banyak, terutama yang bersifat lokal akan dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuan serta sikap konsumen, dan pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan minat beli. Namun sebelumnya perlu dilakukan modifikasi terhadap gambar dan model iklan sehingga mempermudah bagi konsumen untuk menebak maksud iklan.

The object of this research is the advertisement message "KPR PRIMAGRIYA", one of the credit for housing ownership produced by Danamon Bank. The research refers to Lavidge & Steiner hierarchy of effect model's.

The primary data include 120 respondents selected in terms of purposive sampling from the Yogyakarta Special Province. The data, then, is divided into two groups : (1) those who have already got the credit for housing ownership (KPR's group), and (2) those who have never got the credit (non KPR's group).

The research intends to identify : (1) the level of the consumer's awareness and knowledge upon the "KPR PRIMAGRIYA", (2) the effect of the message on both liking and preference which reflect their attitude and the purchasing interest of the consumers.

On the whole, the consumers have not yet been aware toward the object. However the data indicate that the non KPR's group have higher awareness and knowledge level than the KPR's group consumers. The desire to have the house by means of the credit has motivated the non KPR's group to be more responsive about any information concerning the credit for housing ownership.

Observing the ad of "KPR PRIMAGRIYA", consumers consider that the presentation is somewhat interesting. They can understand the message which are presented according the sender's intended message. In addition, the message have generated some positive response in relation to the characteristics of the product. In spite of the fact that the positive response is not yet strong enough, this type of product turns to be one of the appropriate alternatives to be considered for the decision on purchasing in the coming days. For the KPR's group, their attitude is directly influenced by the message, but for the non KPR's group, it is influenced by their awareness and knowledge.

On the other hand, the message have not yet aroused the consumer's interest to buy the product. It is due to the purchasing interest for the KPR's group as well as the non KPR's group is merely based on their liking and preference. It can be said that the message has some indirect effect on the purchasing interest.

Making more use of the press, particularly the local one, will improve the level of awareness and knowledge and then the attitude, so as to improve their interest of purchasing as well. Yet some necessary modification on picture and model of ad is needed in order that the would be consumers will be able to understand the message quickly.

Kata Kunci : pesan iklan, produk KPR


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.