Laporkan Masalah

Pengaruh Reputasi Vendor, Tampilan Wajah, dan Kepercayaan Pada Online Vendor Terhadap Niat Transaksi Menggunakan Perdagangan Elektronik Dengan Jenis Kelamin Sebagai Variabel Pemoderasi

NATALIA, IRENE (Pembimbing: Jogiyanto, Prof.Dr.HM.,MBA), Jogiyanto, Prof.Dr.HM.,MBA

2011 | Tesis | S2 Accounting

Perdagangan elektronik memiliki peluang besar untuk tumbuh di Indonesia, karena umumnya orang Indonesia berperilaku konsumtif, pengikut tren, telah menjadi pergeseran paradigma (dari berbelanja di pasar ke internet), dan pasar yang luas. Bukti yang menempatkan foto-foto wajah di situs web perdagangan elektronik masih kontradiksi. Tampilan wajah, termasuk foto-foto orang, memiliki kemampuan untuk mengekspresikan atau menyampaikan informasi lebih efektif kepada masyarakat. Tampilan wajah, seperti foto karyawan yang ditambahkan pada antarmuka teknologi informasi, akan mempengaruhi kerjasama pengguna, kredibilitas, dan kepercayaan.

Penelitian ini menguji hipotesis tentang reputasi, tampilan wajah, jenis kelamin, kepercayaan, dan model TAM untuk menyediakan bukti empiris. Peserta mahasiswa Universitas Gadjah Mada Universitas. Data dikumpulkan dengan percobaan laboratorium dan kuesioner dengan lima skala Likert.

Penelitian ini menguji pengaruh penambahan tampilan wajah untuk 2 situs e-commerce yang ada, yang reputasinya telah ada melalui peringkat pelanggan. disain eksperimen faktorial adalah 2 x 1. Hal ini berarti penelitian ini membedakan jenis kelamin pengguna situs web (laki-laki dan perempuan), dan menyediakan treatmen dalam bentuk tampilan wajah seorang karyawan bahagia yang ceria.

Hasil menunjukkan kepercayaan hanya dipengaruhi oleh tampilan wajah dan tidak dipengaruhi oleh reputasi vendor, jenis kelamin, dan efek moderasi jenis kelamin pada hubungan tampilan wajah karyawan dengan kepercayaan. Kegunaan persepsian dipengaruhi oleh kepercayaan dan kemudahan penggunaan persepsian. Niat untuk transaksi dipengaruhi oleh kepercayaan dan dirasakan kegunaan persepsian.



Electronic commerce has a big opportunity to grow in Indonesia, because generally Indonesia people behave consumptive, trend follower, have being a paradigm shift (from shopping at market to internet), and the market is wide. The evidence placing photographs of face on e-commerce websites has been mixed. Face display, including photographs of people, have the ability to express or convey information more effectively to the public. Face display, likes employee photo were added to a information technology interface, will affect users cooperation, credibility, and trust.

This research tested the hypothesis about reputation, face display, sex, trust, and TAM model in order to provide empirical evidence. Participants were University of Gadjah Mada University student. Data collected with laboratory experiments and a questionnaire with five Likert scale.

This study examined the effect of adding face display to 2 existing e-commerce sites, whose reputation had been established through customer ratings. Factorial design experiment was 2 x 1. It means this study distinguished website userÂ’s sex (male and female), and provide treatment in the form of a shiny happy employees face display.

The results showed the trust is influenced only by face display and not influenced by the reputation vendor, sex, and moderating effect of sex on the relationship between employees face display and trust. Perceived usefulness of a website affected by trust and perceived ease of use. Intention to transactions affected by trust and perceived usefulness.

Kata Kunci : vendor reputation, face display, sex, trust, perceived usefulness,percerived ease of use, intention to transact, reputasi vendor, tampilan wajah, jenis kelamin, kepercayaan, kegunaan persepsian, kemudahan penggunaan persepsian, niat untuk transaksi.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.