Laporkan Masalah

Analisis kesuksesan sistem web-based learning (studi empiris pada dosen di universitas terbuka Tangerang, Banten)

NASOHA, MOHAMAD , Prof. Jogiyanto HM, Akt, MBA, Ph.D

2009 | Tesis | S2 Management

Dalam penelitian-penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa partisipasi pemakai, kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas pelayanan, kepuasan pemakai dan niat terus menggunakan berpengaruh kuat dan signifikan terhadap kesuksesan sistem informasi. Penelitian ini mengusulkan dan menguji enam komponen tersebut sebagai pengukur kesuksesan sistem web-based learning.

Penelitian ini menggunakan pendekatan survei dengan prosedur pengambilan sampel secara non-probability sampling dan menggunakan teknik purposive-judgement sampling. Responden dalam penelitian ini adalah 92 orang dosen yang berpartisipasi dalam pengembangan sistem web-based learning. Alat analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis menggunakan metode SEM dengan pendekatan metode alternatif PLS dengan bantuan software SmartPLS versi 2.0

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas informasi (H1) kualitas sistem (H2) dan kualitas pelayanan (H3) berpengaruh positif dan tidak signifikan pada kepuasan pemakai. Hal ini disebabkan dosen yang berpartisipasi rendah/kurang dalam mencari hal-hal baru, sehingga mereka tidak/kurang bisa memberikan masukan-masukan baik ide, saran maupun kritiknya. Selain itu juga, dimungkinkan sistemnya berkualitas tetapi sulit untuk digunakan, disebabkan penghubungnya (interface) yang tidak/kurang bersahabat. Sehingga menyebabkan mereka sulit berinteraksi dan pada akhirnya mereka akan menolak sistem.

Previous researches had found that user participation rate, information quality, system quality, service quality, user satisfaction and continuous intention to use had strong and significant effects on success of information systems. This research proposed and tested six components above as measurer of success of web-based learning systems.

This research used survey approach with non-probability sampling procedure and purposive-judgment sampling technique. Respondents of research were 92 lecturers participating in developing the web-based learning systems. Analytical tool used for testing hypothesis was SEM method with PLS alternative method approach using SmartPLS software version 2.0.

Results of research indicated that information quality (H1) system quality (H2) and service quality (H3) had positive and insignificant effects on user satisfaction. It was caused by lecturers with low/less participation rate in finding new things, so that they were not able to give entries of ideas, advises, and criticisms. In addition, the systems might be high quality, but difficult to use, because interface was not user-friendly, as to make them difficult to interact and finally they would reject the systems.

Kata Kunci : Partisipasi pengembangan sistem, kesuksesan sistem web-based learning, kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas pelayanan, kepuasan pemakai, niat terus menggunakan.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.