Laporkan Masalah

Evaluasi Pengendalian Internal Atas Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (Studi Kasus Pada Rektorat Universitas Mulawarman Samarinda)

MORIYAMA, DUNGO GIHON (Adv.: Taufikur Rahman, S.E., M.B.A.), Taufikur Rahman, S.E., M.B.A.

2014 | Tesis | S2 Magister Accountancy

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mengetahui efektivitas pengendalian internal atas pengelolaan keuangan badan layanan umum di Rektorat Universitas Mulawarman. Teknik analisis menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Teknik kualitatif dilakukan dengan cara mengevaluasi hasil wawancara, observasi dan kuesioner dengan kesesuaian terhadap komponen-komponen pengendalian internal dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 Tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah dan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2005 Tentang Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum. Selanjutnya, teknik kuantitatif dilakukan dengan menggunakan penghitungan Customers Satisfaction Index. Hasil penelitian mengenai evaluasi pengendalian internal atas pengelolaan keuangan badan layanan umum menunjukkan bahwa komponen-komponen pengendalian internal yang diterapkan di Rektorat Universitas Mulawarman telah memadai, tetapi belum berjalan secara efektif. Kelemahan-kelemahan yang teridentifikasi meliputi manajemen resiko yang belum memadai, belum memadainya penentuan unit cost, pengendalian aset yang belum optimal, tidak lengkapnya SOP (standar operating procedure) dan pemantauan yang kurang efektif.

The research aimed to evaluate and find out the effectiveness of internal control on financial management in public service board at Mulawarman University Rectorate. The analysis techniques using qualitative dan quantitative technique. The qualitative technique was conducted by evaluating the interview result, observation and questionnaires with the suitability of internal control components in Government Regulation No. 60 Year 2008 on Government Intern Control System and Government Regulation No. 23 Year 2005 on Financial Management in Public Service Board. Furthermore, the quantitative technique using Customer Satisfaction Index. The research result of internal control evaluation in public service board indicated that the implemented internal control components in Mulawarman University Rectorate had been sufficient, but not effective. The identified weaknesses included insufficient risk management, insufficient determine of unit cost, insufficient asset control, incomplete standar operating procedure (SOP), and less effective monitoring.

Kata Kunci : Customer Satisfaction Index, Government Regulation of Republic of Indonesia No. 23 Year 2005 on Financial Management in Public Service Board, Government Regulation of Republic of Infonesia No. 60 Year 2008 on Government Intern Control System, Internal Con


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.