Laporkan Masalah

Peran Lembaga Keuangan Informal(Bank Plecit) Terhadap Kelangsungan Usaha Pedagang Pasar Tradisional: Studi Kasus Pasar Induk Sukoharjo, Pasar Cuplik, dan Pasar Kartasura Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, 2009

MIASTUTI MIMOSA PUDICA, Prof. Dr. Lincolin Arsyad, M. Sc.

2010 | Skripsi | S1 Economics

Sektor usaha di Indonesia didominasi oleh usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebesar 99.99%. Banyaknya UMKM dengan berbagai permasalahan mendorong timbulnya pembiayaan oleh lembaga keuangan formal dan informal. Penelitian ini menitikberatkan pada lembaga keuangan informal (bank Plecit) yang beroperasi di pasar tradisional. Penelitian dilakukan pada tiga lembaga keuangan informal dan 82 orang pedagang di tiga pasar tradisional kabupaten Sukoharjo. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa peran pembiayaan informal oleh bank plecit dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan para pengusaha dalam mengambil pembiayaan dari bank plecit.

Analisa data dalam penelitian ini adalah deskriptif analistis. Dengan deskriptif analistis diperoleh hasil bahwa pembiayaan oleh bank plecit berperan penting dalam kelangsungan usaha pedagang pasar tradisional. Di sisi lain, keputusan pedagang pasar tradisional mengambil pembiayaan bank plecit karena factor praktis dan tidak memerlukan agunan.

Business sector in Indonesia is dominated by small and medium enterprises (SMEs) of 99.99%. Number of SMEs with various problems of financing by encouraging the emergence of formal and informal financial institutions.

This study focuses on informal financial institutions (bank Plecit) operating in traditional markets. The study was conducted in three informal financial institutions and 82 people in three traditional market at Sukoharjo district. The purpose of this study is to analyze the role of informal financing by bank plecit and identify factors that influence the decisions of the entrepreneurs in taking financing from bank plecit.

Data analysis is conducted using analytical descriptive. The result of descriptive analytical that the financing by bank plecit has an important role in survival of the traditional market. On the other hand, the decision of the traditional market traders took plecit bank financing because of the practical factors and does not require collateral.

Kata Kunci : lembaga keuangan informal, bank plecit, umkm, informal financial institution, SME


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.