Analisis Strategi Bersaing Di Industri Jasa Konsultan Sumber Daya Manusia9Studi Pada PT Widya Bangun Persada)
MARIA, INDRI (Adv.: Fahmi Radhi, Dr., M.B.A.), Fahmi Radhi, Dr., M.B.A.
Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis strategi bersaing PT Widya Bangun Persada apakah masih sesuai dalam industri saat ini; faktor-faktor kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi (SWOT); serta untuk mengidentifikasi kunci keberhasilan perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data hasil observasi dan wawancara dengan perwakilan masing–masing divisi PT Widya Bangun Persada; yang meliputi kondisi lingkungan industri, lingkungan internal dan lingkungan eksternal perusahaan. Data tersebut dianalisis dengan metode kualitatif dan kuantitatif, menggunakan beberapa alat analisis, antara lain analisis strategi generik model Porter, analisis SWOT, dan Quantitative Strategies Planning Matrix (QSPM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Widya Bangun Persada menerapkan strategi bersaing dengan menyediakan layanan kompleks dengan kualitas pelayanan tinggi, tetapi dengan harga dibawah standar pasar konsultan SDM. Strategi tersebut dinilai masih cukup efektif hingga saat ini. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa posisi strategik PT Widya Bangun Persada berada pada posisi stabilitas dan pertumbuhan, dengan strategi pengembangan produk sebagai pilihan kunci keberhasilan strategi perusahaan di masa yang akan datang.
The objectives of this research are to analyze the competitive strategy of PT Widya bangun Persada. Is it still suitable for its current industry situation ?; Strength, Weakness, Opportunity, and Threatness (SWOT) factors; also to identify companyÂ’s Key Success Factor. The data used in this research is taken from observation and interview with representative from each division of PT Widya Bangun Persada; which about the condition of industryÂ’s environment, companyÂ’s internal environment and external environment. The data is analyzed using qualitative and quantitative method, using analysis instruments, which are PorterÂ’s Generic Strategies Analysis, SWOT Analysis, and Quantitative Strategies Planning Matrix (QSPM). The results of this research recognize that PT Widya Bangun Persada uses competitive strategy by giving high quality complex service with low price. That strategy is still effective at present. The results also show that the strategic position of PT Widya Bangun Persada is in stability and growth quadrant, with produc development strategy for the choice of companyÂ’s key success factor in the future.
Kata Kunci : Competitive strategy, SWOT, Key Success Factor, Strategi bersaing,