Analisis competitive priorities (studi kasus pada PT Aseli Dagadu Djogja)
MAHARDHIKA, IDA BAGUS RIAN, Boyke R. Purnomo, SE, MM
Penelitian ini merupakan studi kasus competitive priorities PT Aseli Dagadu Djokdja, sebuah perusahaan yang bergerak pada subsektor fesyen pada industri kreatif dengan fokus pada aktifitas kreasi desain pakaian, aksesori, produksi pakaian, dan cendramata. Dalam penelitian ini peneliti berfokus pada tiga isu yaitu, pertama mengidentifikasi competitive priorities PT Aseli Dagadu Djokdja dalam lima tahun ke mendatang. Kedua, menguji adanya perbedaan persepsi antar level karyawan terhadap competitive priorities pada PT Aseli Dagadu Djokdja. Ketiga, menguji ada atau tidaknya trade-off antar dimensi competitive priorities pada PT Aseli Dagadu Djokdja.
Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui wawancara dan survei literatur, sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Kuesioner yang digunakan pada penelitian ini diadaptasi dari penelitian mengenai competitive priorities sebelumnya yang dilakukan oleh Zhao, et al. 2002
Katagori responden dalam pengumpulan data dibagi menjadi empat level, yaitu manajer tingkat atas, manajer tingkat menengah, manajer junior/supervisior, dan staf/clerical. Pengambilan sampel hanya dilakukan pada staf/clerical karena level lainnya telah mencapai populasi. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probabilistic sampling dengan menggunakan teknik convenience sampling.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa quality, delivery, service menempati tiga posisi teratas dalam competitive priorities PT Aseli Dagadu Djokdja. Sedangkan delivery, service dan quality, dipersepsikan sebagai kapabilitas yang memiliki keunggulan tertinggi dibandingkan pesaing PT Aseli Dagadu Djokdja. Tidak terjadi perbedaan persepsi antar level karyawan terhadap competitive priorities karena cost, quality, delivery, flexibility, innovativeness, service dipersepsikan sama oleh setiap level karyawan. Terakhir berdasarakan temuan penelitian ini bisa dilihat bahwa PT Aseli Dagadu Djokdja menggunakan pendekatan kumulatif dalam menterapakan competitive priorities. Hal ini ditunjukan dengan tidak adanya trade-off antara dimensi yang satu dengan dimensi yang lainnya.
Kata Kunci : Competitive Priorities, PT Aseli Dagadu Djokdja