Analisis Strategi Bersaing PT HUAWEI TECH Berdasarkan Daya Tarik Industri dan Analisis Rantai Nilai
LIDIA, FRISKA (Adv.: Rangga Almahendra, Dr., S. T., M. M.), Rangga Almahendra, Dr., S. T., M. M.
Perkembangan pasar penyedia layanan telepon seluler atau nirkabel di Indonesia tumbuh semakin semarak bersamaan dengan tumbuhnya permintaan pasar akan jasa telekomunikasi bergerak atau nirkabel, yang bukan hanya terjadi diperkotaan namun sampai ke pelosok daerah. Jumlah pangsa pasar industri telekomunikasi terus meningkat. Perusahaan vendor saat ini dihadapi oleh kompetisi sangat ketat sehingga harus mencari cara untuk bisa bertahan dan terus berkembang menghadapi para kompetitornya. Persaingan dibidang telekomunikasi yang sangat ketat ini memacu para vendor untuk terus melakukan evaluasi secara internal dan eksternal dan menentukan keunggulan kompetitif perusahaan untuk terus dapat bereaksi dengan pasar. Secara umum PT Huawei sebenarnya memiliki berbagai keunggulan seperti teknologi, keuangan dan juga sumber daya manusia yang sangat mendukung proses bisnisnya. Namun masih ada kelemahan yang eksistensi perusahaan yaitu brand image dari perusahaan itu sendiri. Berdasarkan permasalahan di atas, dalam tesis ini akan dilakukan analisis persaingan dalam bisnis telekomunikasi PT Huawei dalam bentuk penelitian atas faktor eksternal berupa analisis industri dan faktor internal. Dari analisis tersebut ditujukan untuk mengidentifikasi peluang, ancaman, kekuatan dan kelemahan PT Huawei, serta memperoleh keunggulan kompetitif yang berbasis pada sumber daya dan kapabilitas yang dimiliki PT Huawei. Dari hasil analisis tersebut difokuskan pada perumusan strategi bersaing yang mampu mengeksploitasi keunggulan kompetitif perusahaan.
The development of market-leading mobile phone or wireless service in Indonesia is growing increasingly vibrant along with the growing market demand for mobile or wireless telecommunication services, which not only happened in urban yet to remote areas. Total market share of the telecommunications industry continues to increase. The company is currently facing vendor competition is very tight so it must find a way to survive and continue to grow to face its competitors. Competition is extremely tight in the field of telecommunications is spurring vendors to continue to internal and external evaluation and determine the company's competitive advantage to continue to react to the market. In general, PT Huawei actually has many advantages such as technology, finance and human resources is very supportive of business. But there are still weaknesses that the existence of the company is the brand image of the company itself. Based on the above problems, in this thesis will be the analysis of competition in the telecommunications business of PT Huawei in the form of research on external factors such as industry analysis and internal factors. From this analysis aimed at identifying opportunities, threats, strengths and weaknesses of PT Huawei, and gain a competitive advantage based on resources and capabilities of PT Huawei. From the results of the analysis focused on the formulation of competitive strategy to exploit the company's competitive advantage.
Kata Kunci : analisis internal dan eksternal, keunggulan, PT Huawei, internal and external analysis, competitive advantage.