Laporkan Masalah

Kontribusi Involvement & Trust In Brand Terhadap Pengembangan Loyalitas

Licen Indahwati Darsono ( Adv. Prof. Dr. Basu Swastha Dh., MBA), Prof. Dr. Basu Swastha Dh., MBA

2013 | Tesis | S2 Management

Loyalitas pelanggan merupakan asset yang paling berharga bagi perusahaan dalam dunia bisnis. Berbagai penelitian menemukan bahwa loyalitas pelanggan dapat meningkatkan profitabilitas sebuah perusahaan. Tetapi, saat ini usaha pemasar untuk mengembangkan loyalitas pelanggan tidak mudah, pemasar harus memahami konsep loyalitas pelanggan secara jelas sehingga pemasar dapat mengetahui anteseden¬anteseden loyalitas. Dengan demikian, pemasar dapat mengembangkan dan memodifikasi loyalitas dari anteseden-anteseden tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi kontribusi involvement dan trust in a brand yang merupakan anteseden kognitif dan konatif dari loyalitas, terhadap pengembangan loyalitas.



Obyek penelitian ini adalah produk pemutih wajah, dan yang menjadi subyek penelitian adalah wanita. Pengumpulan data dilakukan dengan survey pada dua lokasi sentral di Yogyakarta. Uji reliabilitas dan validitas instrumen riset menunjukkan bahwa instrument riset memenuhi kriteria reliabilitas, convergent validity, dan discriminant validity.



Penelitian ini menemukan bahwa pengaruh involvement dan trust in a brand terhadap sikap relatif yang merupakan dimensi sikap dari loyalitas adalah positif; pengaruh sikap relatif terhadap patronase pengulangan yang merupakan dimensi keperilakuan dari loyalitas adalah positif. Hasil penelitian menemukan dukungan yang kuat atas peran sikap relatif sebagai mediator hubungan involvement dan trust in a brand dengan patronase pengulangan. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa kontribusi involvement dan trust in a brand terhadap pengembangan loyalitas merek tidak diberikan secara langsung, tetapi diberikan melalui sikap relatif.

Customer loyalty is the most valuable asset for the company. Many research found that customer loyalty had a positive effect on company's profitability. But, in today marketplace, managing customer loyalty is a daunting task. Marketer must clearly understand the loyalty concept, so they can find out loyalty's antecedent and manage loyalty from that antecedent. The purpose of this research is to investigate involvement and trust in a brand (as cognitive and conative antecedent of loyalty) contribution to the loyalty building.



The object of this research is facial whitening product, and the subject is women.



To collect the data, central location survey has been done in two location in Yogyakarta. Reliability and validity check found that research instrument has achieved reliability, convergent validity. and discriminant validity criteria.



This research found that involvement and trust in a brand has a positive effect on relative attitude as attitudinal dimension of loyalty, relative attitude has a positive effect on repeat patronage as behavioral dimension of loyalty. This research also found a strong support about relative attitude's role as a mediator of involvement¬ repeat patronage relationships, and trust in a brand- repeat patronage relationships. Therefore, it can be said that involvement and trust in a brand do not have direct contribution to the loyalty building, the contribution are mediates by relative attitude. .

Kata Kunci : Involvement, Trust In Brand, Pengembangan Loyalitas


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.