Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Sikap Konsumen Terhadap Merek Perluasan
KUSMARDIANI, ASTARI (Adv.: Bayu Sutikno, M.S.M., Ph.D.), Bayu Sutikno, M.S.M., Ph.D.
Penelitian ini meneliti mengenai kesesuaian berdasarkan kategori produk, kesesuaian berdasarkan citra merek, citra merek orisinil, tingkat kesulitan yang dipersepsikan dalam membuat produk merek perluasan, dan tingkat inovasi konsumen sebagai faktor-faktor yang mempengaruhi sikap konsumen terhadap merek perluasan, serta pengaruh sikap konsumen terhadap merek perluasan kepada citra merek secara keseluruhan (setelah melakukan strategi perluasan merek). Objek penelitian dalam penelitian ini adalah merek orisinil dan perluasan untuk merek Dove di Indonesia. Subjek penelitian ini adalah konsumen Dove di Indonesia. Data didapatkan dengan cara menyebarkan kuesioner, dan diolah dengan menggunakan metode regresi.
Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa kesesuaian berdasarkan kategori produk, kesesuaian berdasarkan citra merek, citra merek orisinil Dove, tingkat kesulitan yang dipersepsikan, dan tingkat inovasi konsumen berpengaruh secara positif pada sikap terhadap merek perluasan Dove, dimana kesesuaian berdasarkan citra merek adalah variabel yang memberikan pengaruh paling kuat. Selanjutnya, dari hasil penelitian ini juga terbukti bahwa sikap konsumen terhadap merek perluasan Dove memiliki pengaruh yang positif pada citra merek Dove secara keseluruhan, atau setelah melakukan strategi perluasan merek.
The aim of this research is to examine the impact of perceived fit, brand concept consistency, parent brand image, perceived difficulty in making the product, and consumer innovativeness on consumerÂ’s attitude towards brand extension. This study is also seeks to understand the impact of consumerÂ’s attitude towards brand extension on its brand image. This study uses the brand extension and parent brand of Dove in Indonesia as research object. The subject of this study is DoveÂ’s consumer in Indonesia. 170 questionnaires was collected and a series of regression method was used to test the hypotheses.
The findings of this study substantiate the impact of perceived fit, brand concept consistency, parent brand image, perceived difficulty in making the product, and consumer innovativeness on consumerÂ’s attitude towards brand extension. The result also revealed that consumerÂ’s attitude towards brand extension will impact the brand image in general.
Kata Kunci : Brand Extension, Perceived Fit, Brand Concept Consistency, Consumer Innovativeness, Perceived Difficulty, Attitude towards Brand Extension, Parent Brand Image, Dove, Merek Perluasan, Kesesuaian Berdasarkan Kategori, Kesesuaian Berdasarkan Citra Merek, Tin