Laporkan Masalah

Pengaruh Gaji dan Kepuasan kerja Pada Motivasi Kerja Karyawan: studi RS PKU MUhammadiyah Yogyakarta

Kurniawan, Prihendy, Dra. Diah Retno Wulandaru, M.B.A.

2008 | Skripsi | S1 Extention - Management

Pengelolaan SDM yang optimal oleh perusahaan maka akan meningkatkan profit dan pencapaian market share yang tinggi. Dalam perusahaan jasa, dimana karyawan merupakan ujung tombak perusahaan, dimana karyawan akan berhadapan langsung dengan para konsumennya. Berbagai hal yang dapat mempengaruhi motivasi kerja karyawan seperti gaji dan kepuasan kerja maka harus diperhatikan sehingga dapat memeberikan motivasi kerja yang tinggi. Dalam perusahaan yang bergerak dibidang jasa, perusahaan akan berhadapan langsung dengan konsumennya dalam menyampaikan jasa yang mereka tawarkan. Salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa adalah rumah sakit, dalam hal ini pasien akan berhadapan langsung dengan pihak penyedia jasa yaitu lembaga rumah sakit itu sendiri. Rumah sakit adalah lembaga atau perusahaan jasa yang sangat sering digunakan oleh masyarakat dari berbagai macam kalangan sebagai sarana penyedia jasa yang sangat penting untuk kelangsungan hidup orang banyak, maka penyampaian kualitas jasa kepada pasien oleh para karyawan akan menentukan siapa yang akan menguasai pasar. Data diambil dengan menggunakan kuesioner sebanyak 65 responden, menggunakan metode convenience sampling. Validitas data diuji dengan Analisis Faktor, sedangkan Reliabilitas diuji dengan Cronbach Alpha. Setelah melalui uji validitas dan reliabilitas, kemudian diuji dengan persamaan regresi berganda, dilanjutkan dengan uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi untuk memberikan kekuatan pada hasil regresi. Hasil penelitian ini bahwa kedua hipotesis dalam peneletian ini diterima, yaitu gaji dan kepuasan kerja sama-sama berpengaruh positif dan signifikan pada motivasi kerja, Namun variabel kepuasan kerja mempunyai pengaruh yang paling besar terhadap motivasi kerja daripada variabel gaji. Untuk itulah pemberian gaji yang sesuai kepada karyawan dan dapat memberikan kepuasan kerja yang tinggi bagi karyawan maka akan memberikan motivasi kerja karyawan yang tinggi guna pencapaian kinerja dan tujuan yang optimal bagi perusahaan jasa. Kata Kunci : Gaji, Kepuasan Kerja, dan Motivasi Kerja.

Management of optimal SDM by company hence will increase profit and attainment of market share which high. In The service company, where employee is tip of company lance, where employee will look out on direct with the consumers. Matters which can influence motivation of employee job like salary and job satisfaction hence having to paid attention causing influence motivation of job can high. In the service company area, the company will look out on direct with the consumer in submitting service which they to offer. One of peripatetic company in the field of service is hospital, in this case patient will look out on direct with the side of service feeder that is itself hospital institute. Hospital is a real institute or service firm often applied by public from assorted of circle as supporting facilities for a real important service feeder for continuity of throng life, hence forwarding of quality of service to patient by the employees will determine who'll to master market. Data is taken by using questionnaire 65 responders, applies method convenience sampling. Data validity is tested with Factor analysis, while Reliabilities is tested with Cronbach Alpha. After through validity test and reliability, then is tested with equation of multiple regression, continued with test t, F test, and coefficient of determination test to give strength at result of regression. Result of this research that both hypothesizes in this research received, that is salary and job satisfaction of influential positive and significant at motivation of job, But job satisfaction variable has biggest influence to motivation of job than salary variables. For that is giving of salary appropriate to employee and can give high job satisfaction to employee hence will give motivation of employee job who is high utilized attainment of performance and purpose of optimal for service firm. Keyword : Salary, Job Satisfaction, and employee Motivation

Kata Kunci : Kepuasan Kerja; Pengaruh Gaji; Motivasi Kerja; Kinerja


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.