Persepsi Konsumen Terhadap Ulasan Daring
KUMALASARI, DIAH (Adv.: Bayu Aji Aritejo, S.E.,M.M.,M.Si.), Bayu Aji Aritejo, S.E.,M.M.,M.Si.
Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh persepsi konsumen terhadap ulasan daring dengan menghubungkannya pada karakteristik individu dari masing-masing konsumen. Dua dimensi persepsi konsumen adalah manfaat yang dipersepsikan dan biaya yang dipersepsikan, sedangkan dua dimensi dari karakteristik individu adalah kepercayaan diri memproses informasi dan kerentanan konsumen terhadap pengaruh pihak lain. Data diperoleh langsung dari responden, yaitu responden yang telah membeli produk online dan membaca ulasan daring. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua hipotessis terdukung. Kesimpulan yang didapat dalam penelitian ini adalah konsumen mempersepsikan ulasan daring secara positif dan negatif, sehingga sikap dan perilaku konsumen terhadap ulasan daring menjadi berbeda. Persepsi konsumen yaitu manfaat yang dipersepikan dan biaya yang dipersepsikan dari ulasan daring dipengaruhi oleh karakteristik individu masing-masing konsumen yaitu kepercayaan diri memproses informasi dan kerentanan terhadap pengaruh pihak lain menentukan bagaimana ulasan daring dipersepsikan.
This research aims to identify customer perceptions of online consumer reviews and effects on consumer attitudes and usage behaviours in relation to individual caharacteristics. Two dimensions of perception are perceived benefits and cost benefits, meanwhile the two dimensions of individual characteristics are confidence in the information process and consumer susceptibility to interpersonal influence. Data were collected using a direct method from the respondents, the shoppers had previous purchase experience from online shop and had experience reading consumer online reviews. Regression linier model is used to analyze the data.
The results demonstrated all hypotheses have been confirmed. The researcher found that consumers perceived both benefits and costs from online consumer reviews and both benefits and costs influenced consumer attitudes toward, and usage behaviour of, online consumer reviews. Individual characteristics-confidence in the information process and consumer susceptibility to interpersonal influence- were shown to determine how online consumer reviews were perceived.
Kata Kunci : Consumers perception, online review, confidence in the information process, consumer susceptibility to interpersonal influence, perceived benefits, perceived costs, attitude, behaviour, Persepsi Konsumen, Ulasan Daring, Kepercayaan Diri Memproses Informas