Analisis Pengaruh Muatan Nilai Transvestisme sebagai Komoditas Iklan Televisi terhadap Sikap Konsumen
Kristiani, Monica Afrisia Dini, Naila Zulfa, S.E., M.A.
2008 | Skripsi | S1 ManagementIklan merupakan salah satu cara yang digunakan pemasar untuk memperkenalkan, menginformasikan, serta mengingatkan konsumen tentang keberadaan suatu produk atau jasa. Salah satu faktor keberhasilan iklan adalah daya tarik (attractiveness). Dalam perkembangannya, kini iklan televisi mulai menggunakan muatan nilai transvestisme sebagai daya tariknya. Transvestisme adalah bentuk penyimpangan seksual yang berupa kecenderungan seseorang berpakaian dan berperilaku seperti lawan jenisnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui asosiasi transvestisme, sikap konsumen terhadap muatan nilai transvestisme pada iklan televisi, serta terhadap produk atau jasa yang diiklankan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tujuan eksploratoris. Pengumpulan data melalui metode observasi dan wawancara mendalam (in depth interview) terhadap 60 orang responden. Penelitian ini menunjukkan bahwa asosiasi transvestisme di masyarakat berbeda dengan asosiasi transvestisme yang ditampilkan pada iklan televisi. Selain itu, transvestisme memengaruhi sikap konsumen secara positif dalam hal kesadaran (awareness) serta pengetahuan (knowledge) terhadap iklan. Namun, penggunaan nilai transvestisme tidak memengaruhi sikap konsumen terhadap produk atau jasa yang diiklankan. Kata Kunci: Transvestisme, Banci, Sikap, Kognitif, Afektif, Konatif, Kesadaran (Awareness), Intrusiveness, dan Attention-getting power.
Advertisement is one of the ways used by advertiser to introduce and to remind consumer about certain product or service. One of the success' factors of advertisement is attractiveness. In its development, nowadays television advertisement starts to use transvestism value as its attractiveness. Transvestism is a form of sexual disorder which means somebody's tendency to dress and behave as his or her opposite sex. The research aims at identifying tranvestism association, consumer's behavior to transvestism value in television advertisement and to the product and service advertised. This research employs qualitative approach with the goal of exploratory which is done by doing observation and in depth interview to sixty respondents. This research shows that transvestism association in society is different with transvestism association which is shown in television advertisement. Besides, transvestism influences consumer's behavior positively in awareness and knowledge to advertisement. However, the usage of transvestism value does not influence consumer's behavior to the product and service advertised. Key words: Transvestism, Transvestite, Attitude, Cognitive, Affective, Conative, Awareness, Intrusiveness, and Attention-getting power
Kata Kunci : Iklan Televisi; Komoditas Iklan; Transvestisme; SIkap Konsumen