Pengaruh sosial dalam penggunaan perangkat lunak akuntansi berdasarkan TAM (theory acceptance model): sebuah replikasi (studi kasus pada mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada)
KARTIKAWARDANI, ELSYE, Dr. Sony Warsono, MAFIS,Ak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh social terhadap penggunaan perangkat lunak akuntansi (PLA) dengan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Adapun perangkat lunak yang dipakai adalah Ms. Excell dan Ms. Access. Hal ini dikarenakan kedua perangkat lunak tersebutlah yang sering digunakan oleh mahasiswa akuntansi pada umumnya.
Survei telah dilakukan terhadap mahasiswa fakultas Ekonomi semester awal Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Mahasiswa semester awal tersebut diambil dari mahasiswa D3 dan S1 dimana mereka baru saja mendapatkan mata kuliah tentang komputer, dalam hal ini mencakup kedua perangkat lunak tersebut di atas. Data primer dikumpulkan melalui angket lalu dianalisis menggunakan Structural Equotion Model (SEM) dan diolah dengan menggunakan program AMOS.
Hasil analisa menunjukkan bahwa Psychological Attachment atau Pengaruh Sosial yang terbagi menjadi 3 variabel yaitu Internalisasi, identifikasi, kepatuhan berpengaruh dalam penggunaan perangkat lunak akuntansi.
This research is for analizing the Pshychological Influence to the use of accounting software based on Technology Acceptance Model (TAM). The used software are Ms-Excell and Ms-Access. Both software are generally often used by accounting student.
Survey was conducted to beginning semester student of Faculty of Economics and Bussiness. They consists of D3 and S1 students who just get computer lectures, including both software mentioned above. Primary data was collected through questionnaire then analyzed by using Structural Equotion Model (SEM) and processed with AMOS program.
Analysis result shows that Psychological Attachment which consist of Internalization, Identification, and Compliance gives influence to the use of accounting software.
Kata Kunci : TAM, Pengaruh Sosial, SEM, AMOS