Evaluasi efektivitas dan Efisiensi Saluran Distribusi Studi Pada PT Coca Cola Amatil Indonesia Cabang Yogyakarta
Kanya Ratna Svasti (Adv:Yulia Arisnani, Dra., MBA.), Yulia Arisnani, Dra., MBA.
2000 | Skripsi | S1 Extention - Accounting
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat efektivitas dan efisiensi pelaksanaan saluran distribusi di PT Coca-Cola Amatil Indonesia Cabang Yogyakarta, serta mengetahui persentase pengaruh biaya distribusi terhadap nilai penjualan perusahaan.Pengambilan data dilakukan dengan mengumpulkan data dari hasil wawancara dengan pihak perusahaan, laporan penjualan perusahaan dan studi lapangan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Secara kuantitatif dengan menggunakan alat analisis volume penjualan teritorial untuk mengetahui tingkat efektivitas volume penjualan teritorial untuk wilayah penjualan perusahaan, yang ditunjukkan dengan persentase, dan analisis yang kedua yaitu analisis biaya distribusi untuk mengetahui tingkat efisiensi biaya distribusi terhadap nilai penjualan perusahaan yang juga ditunjukkan dengan persentase. Untuk mengetahui persentase pengaruh variabel independent (biaya distribusi) terhadap variabel dependent (nilai penjualan) digunakan uji-t dengan komputerisasi. Kemudian secara kualitatif, untuk mengetahui pengendalian yang telah dilaksanakan perusahaan terhadap saluran distribusinya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat efektivitas pelaksanaan saluran distribusi di wilayah penjualan PT CCAI - YK pada tahun 1996 - 1999, yang diukur dengan menggunakan analisis volume penjualan teritorial secara keseluruhan dapat dikatakan sudah efektif, karena persentasenya sebesar 102%, sudah di atas standar minimal yaitu 100%. Sedangkan pada tingkat efisiensi yang diukur dengan menggunakan analisis biaya distribusi menunjukkan bahwa biaya distribusi yang dikeluarkan perusahaan selama periode 1996 - 1999 juga dapat dikatakan sudah efisien tetapi belum efektif, karena persentase biaya distribusi terhadap volume penjualan secara keseluruhan menunjukkan 3.2% sementara anggaran dari perusahaan sebesar 10%. Kemudian untuk mengelola saluran distribusi supaya terkendali perusahaan harus memperhatikan pelayanan, pertumbuhan volume penjualan, ketersediaan produk, pengangkutan produk dalam jumlah yang tepat, out of stock atau banyaknya dister dengan rak yang kosong, product return, tingkat keberhasilan dalam kunjungan, dan cooler yang tidak eksklusif.
Kata Kunci : saluran distribusi,efektivitas distribusi,nilai penjualan perusahan,distribusi