Laporkan Masalah

Analisis Faktor-faktor Label Ramah Lingkungan terhadap Purchase Intention Melalui Mediasi Consumer's Perception terhadap Produk Ramah Lingkungan (Study Empiris pada Produk The Body Shop)

Jayanti, Happy Nur (Adv : Teguh Budarto, Drs., M.I.M.), Teguh Budarto, Drs., M.I.M.

2015 | Skripsi | S1 Management

Ada banyak cara yang dilakukan pemasar dalam mengusung pesan ramah lingkungan mereka, salah satunya adalah memberikan klaim ramah lingkungan pada label produk mereka. Persepsi konsumen dipengaruhi oleh reputasi perusahaan yang berhubungan dengan isu lingkungan tertentu. Sebuah survey menunjukkan bahwa 70 % responden, keputusan pembeliannya dipengaruhi oleh pesan lingkungan pada iklan dan label produk.


Penelitian ini menguji faktor-faktor pada label ramah lingkungan yang mempengaruhi perception serta purchase intention konsumen pada produk ramah lingkungan. Variabel yang diteliti meliputi akurasi dan pesan yang jelas pada label (the accurate and undersable meaning of label ), pengetahuan pada label ( the knowledge of label ), persepsi terhadap bisnis yang mengahrgai lingkungan ( the perception of business with respect to environment ). Peneliti menguji pengaruh ketiga variabel ini pada consumerÂ’s perception pada produk ramah lingkungan menggunakan analisis regresi berganda. Sedang untuk menguji pengaruh consumerÂ’s perception terhadap purchase intention produk ramah lingkungan, penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana.


Dari hasil pengujian ditemukan bahwa variabel the accurate and undersable meaning of label, the knowledge of label, and the perception of business with respect to environment berpengaruh positif terhadap consumerÂ’s perception. Hal ini dapat diartikan jika ketiga faktor pada label ramah lingkungan meningkat, maka consumerÂ’s perception akan mengalami peningkatan juga. The perception of business with respect to environment merupakan faktor yang memiliki pengaruh paling besar terhadap pembentukkan consumerÂ’s perception ( persepsi konsumen ) terhadap produk ramah lingkungan. Temuan lain dari pengujian ini adalah perception berpengaruh positif pada purchase intention. Hal ini berarti bahwa semakin baik persepsi konsumen ( perception ) terhadap produk ramah lingkungan, maka purchase intention terhadap produk tersebut akan semakin meningkat.

ThereÂ’s so many way to bring the environmental messages to customers, such as by claiming their label as environmentally label. ConsumerÂ’s perception are influenced by producerÂ’s reputation related to environmental issues. A survey reported that 70% of the respondentÂ’s purchase decision were often influenced by environmental messages in advertising and product labeling.

This research tested the green labelÂ’s factors influencing consumerÂ’s perception and purchase intention on environmentally safe product. Variables to be examined covering the accurate and understable meaning of label, the knowledge of label, and the perception of business with respect to environment. This research using multiple regression analysis to tested the effect of green labelÂ’s factor to consumerÂ’s perception on environmentally safe product. While the effect of consumerÂ’s perception to purchase intention on environmentally safe product tested by simple regression.

Result of the examination indicated that the accurate and undersable meaning of label, the knowledge of label, and the perception of business with respect to environment positively affects the consumerÂ’s perception. This means that the improvements of the three green labelÂ’s factors will improve the consumerÂ’s perception. The perception of business with respect to environment are the most affected factor to gain the consumerÂ’s perception on environmentally safe product. Another result shows that consumerÂ’s perception positively affects the purchase intention on environmentally safe product. This means that the improvements of consumerÂ’s perception will improve the purchase intention.

Kata Kunci : label ramah lingkungan, persepsi terhadap bisnis yang ramah lingkungan, pengetahuan terhadap label, persepsi konsumen, intensitas pembelian, environmentally label, perception of business with respect to environment, knowledge of label, consumerÂ’s percept


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.