Analisis Pemilihan Kartu Kredit dengan Menggunakan Metode The Analitical Hierarcy Process (AHP)
JAYANTI, CHITRA TRI (Adv.: Adi Djoko Guritno, Dr., MSIE), Adi Djoko Guritno, Dr., MSIE
Perubahan daya beli masyarakat yang semakin meningkat, mengubah pola hidup masyarakat yang mulanya melakukan pembayaran secara tunai, beralih melakukan pembayaran secara debit ataupun menggunakan kartu kredit. Kartu kredit memberikan kemudahan, penawaran yang menarik, sistem pembayaran yang bisa disesuaikan dengan keinginan dan kemampuan nasabah, dan juga memberikan pelayanan yang sesuai dengan limit kartu kredit.
Penelitian ini bertujuan untuk menidentifikasi dan menganalisis criteria yang mempengaruhi konsumen dalam pemilihan kartu kredit dan mengusulkan alternatif yang sesuai dengan kriteria yang dipilih responden dengan menggunakan The Analytical Hierarchy Process (AHP). AHP adalah sebuah pengukuran multiobjektif dan multicriteria, dimana menunjukkan permasalah dari sebuah permasalahan pengambilan keputusan yang kompleks, identifikasi kriteria, pengukuran interaksi diantaranya dan kemudian mengumpulkan informasi untuk menentukan prioritas yang akan menjadi pilihan.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner kepada tiga kelompok yakni karyawan, ibu rumah tangga dan mahasiswa yang memiliki dan memahami tiga kartu kredit yakni Bank Mandiri, BCA dan Citibank. Hasil menunjukkan bahwa responden memilih kriteria kemudahan (32,6%) dan limit kartu (24,6%). Responden karyawan memilih kriteria kemudahan (32,7%) dan limit kartu (24,75), ibu rumah tangga memilih limit kartu (31,7%), responden mahasiswa yang memilih kriteria kemudahan (23,4%) dan limit kartu (20,5%) sebagai pertimbangan utama. Bank mandiri adalah alternatif terbaik dengan persentase 51,8% dari total responden, 48,7% responden karyawan, 68,2 % responden ibu rumah tangga dan 41,6% untuk responden mahasiswa.
Purchasing power of people are growing, lifestyle is changing, initially from cash payment switch into debit or credit card payment. Credit cards provide convinience, attractive offers, adjusted payment system based on customerÂ’s need and abilities and give credit services to customer credit card limit.
This study aims to identify and analyze the criteria that influence customer in selecting credit card, and to propose alternative that suits the respondents criteria in choosing credit card by using The Analytical Hierarchy Process (AHP). AHP is multi-objective, multicriteria theory of measurement. It addresses the issue of how to structure a complex decision problem, identify its criteria, measure the interaction among them and finally synthesize all the information to arrive at priorities which depict preferences.
Data of respondents was collected using three different questionnaires: employees, housewifes and students who have and understand the three credit cards which is Bank Mandiri, BCA and Citibank. The result of analysis shows that the main factors that influenced respondent in choosing credit card are; convenience (32,6%) and credit card limit (24,6%). Employees prefer convenience (32,7%) and credit card limit (24,7%), housewife respondents choose credit card limit (31,7%) and convenience (30,2%), college students choose the criteria of convenience (23,4%) and credit card limit (20,5%) as primary
consideration. Bank Mandiri was the best alternative which has a 51.8% percentage of the total respondents, 48.7% for employees, 68.2% for housewives and 41.6% for students.
Kata Kunci : Kartu Kredit, Pengambilan Keputusan, The Analytical Hierarchy Process (AHP), Credit Card, Decision Making.